Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Euro 2020, Italia Lolos ke Final Usai Kandaskan Spanyol dalam Adu Penalti

 

Alvaro Morata gagal membawa Spanyol ke Final Euro 2020 (Foto Skysports) 

Gli Azzurri Italia akhirnya lolos ke final setelah menang dalam drama adu penalty 4-2 atas Tim Matador, Spanyol. Skor 1-1 bertahan dalam waktu normal dan perpanjangan waktu.

Laga yang berlangsung di Wembley Stadium, Rabu (7/7/21) dini hari WIB ini berlangsung ketat. Disaksikan sekitar 58 ribu penonton dari kedua suporter.

Roberto Mancini menurunkan skuadnya sebgai starter hanya dengan satu perubahan. Emerson masuk menggantikan Leonardo Spinazzola yang cedera.  

Sementara itu Luis Enrique melakukan 3 perubahan dalam starting elevennya. Di lini belakang, Eric Garcia menggantikan Pau Torres, Mikkel Oyarzabal menggantikan Alvaro Morata sebagai penyerang, sementara Dani Olmo mengambil tempat Pablo Sarabia pada sisi sayap.

Laga babak pertama sangat ketat. Hingga turun minum skor masih imbang 0-0. Baru pada menit ke-60 Federico Chiesa berhasil membobol gawang Spanyol yang dijaga Unai Simon.

Dari sisi kiri serangan balik Italia, Chiesa menerima bola hanya satu sentuhan tambakan kaki kanannya melengkung menembus pojok kanan gawang Spanyol.  

Namun hanya 20 menit kemudian, Alvaro Morata sebagai pemain pengganti di babak kedua berhasil emnyamakan kedudukan 1-1.

Morata menerima bola dari luar kotak penalty. Membawanya masuk area penalty dengan melakukan umpan satu-dua dengan Olmo. Kemudian bola ditembak rendah dengan kaki kirinya bersarang di gawang Donnarumma yang salah mengantisipasi.

Gol Morata ini telah menorehkan catatan sejarah baginya. Striker yang sekarang bermain di Juventus ini telah mencetak lebih banyak gol di Kejuaraan Eropa daripada pemain Spanyol lainnya yaitu 6 gol.

Morata berhasil memecahkan rekor lima gol Fernando Torres. Faktanya, Morata menjadi pemain Spanyol pertama yang mencetak gol untuk klub dan negaranya di Stadion Wembley.

Dengan hasil ini, Italia kini telah mencapai final turnamen besar ke-10 mereka yaitu di Piala Dunia dan Euro seperti dilansir UEFA.com (7/7/21).

Mereka maju ke final Kejuaraan Eropa untuk keempat kalinya juga dengan 6 final Piala Dunia.

Memang, hanya Jerman memiliki 14 final, tim yang berpartisipasi di lebih banyak final turnamen besar di antara negara-negara Eropa daripada Italia termasuk Euro 2020 ini.

Sejauh ini Italia telah mencetak 12 gol di Euro 2020, merupakan jumlah tertinggi bersama mereka di turnamen besar seperti Piala Dunia 2006, Piala Dunia 1982, dan Piala Dunia 1934.

Sedangkan bagi Spanyol, ini adalah pertama kalinya gagal maju dari semifinal di turnamen besar seperti Piala Dunia dan Euro. Jumlah gol yang mereka koleksi adalah 13 gol dalam ajang ini.

Sebelumnya Spanyol dalam sejarah mereka, selalu mencapai final, masing-masing dari lima penampilan semifinal diajang Euro dan Piala Dunia.

Kini Italia sedang menunggu pemenang laga semi final lainnya antara Inggris melawan Denmark untuk merebut Trofi Euro 2020. Final berlangsung di Wembley pada Senin (12/7/21) pukul 02.00 WIB dini hari. Selamat untuk Italia.

Salam bola @hensa


3 komentar untuk "Euro 2020, Italia Lolos ke Final Usai Kandaskan Spanyol dalam Adu Penalti"