Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Euro 2020 : Italia Juara Grup A, Kalahkan Wales 1-0

 

Roberto Mancini, pelatih Italia (Foto Getty Images)

Italia meraih poin sempurna tidak terkalahkan di grup A dengan 9 poin. Dalam laga terakhirnya mereka menang 1-0 atas Wales yang berlangsung di Stadion Olimpico Roma, Minggu (20/6/21) pukul 23.00 WIB).

Dalam laga tersebut Italia mempertahankan performa luar biasa mereka. Pasukan asuhan Roberto Mancini meraih rekor clean sheet yang ketiga kalinya diajang  Euro 2020 ini.

Italia sebenarnya sudah memastikan lolos ke 16 besar sebelum laga melawan Wales ini. Sehingga Mancini memiliki kesempatan untuk merotasi para pemainnya.

Namun walaupun merotasi beberapa pemain utama mereka, ternyata kedalaman skuad Azzurri terlihat pada laga melawan Wales tersebut. 

Italia membuat delapan perubahan, dengan hanya kiper Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci dan Jorginho yang mempertahankan tempat mereka.

Salah satu pemain yang masuk dalam rotasi ini adalah Mateo Pessina. Salah satu wajah baru Italia yang menjadi pencetak gol tunggal dalam laga tersebut.

Matteo Pessina menjadi pemain Italia termuda yang mencetak gol pada start pertamanya di turnamen besar sejak Antonio Cassano di Euro 2004.

Gol tersebut berawal dari Joe Allen yang melanggar Marco Verratti di sebelah kanan sector sayap. Kemudian playmaker Paris Saint-Germain, Verratti senidir yang  melayangkan umpan silang yang disambut oleh Pessina dengan sentuhan tendangan cekatan menemukan sudut kiri bawah gawang Wales.

Momen Pessina yang sangat impresif pada menit ke-39 tersebut menjadi gol satu-satunya kemenangan Italia atas Wales.

Sebelumnya Andrea Belotti nyaris mencetak gol dengan upaya akrobatik sejak awal, sebelum penyerang Torino itu melepaskan tendangan mendatar ke gawang pada menit ke-24.

Sebuah peluang Wales, Chris Gunter berhasil menyundul bola dari tendangan sudut Daniel James, tetapi Italia berhasil menggagalkannya. Skor 1-0 tersebut akhirnya bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua Wales terus melakukan upaya untuk menyamakan kedudukan. Namun harapan Wales untuk mencetak gol tampaknya harus pupus ketika Ethan Ampadu mendapat kartu merah hanya 10 menit sejak babak kedua dimulai.

Ampadu mengejar Bernardeschi dan terlambat melakukan tackling. Risikonya dia  harus menerima kartu merah langsung karena pelanggaran keras.

Gareth Bale kemudian menyia-nyiakan sebuah peluang emas. Sebuah kesalahan dari Francesco Acerbi sehingga memberi Aaron Ramsey peluang, tetapi dia gagal melepaskan tembakan dengan baik.

Akhirnya Italia berhasil memastikan kemenangan ke-11 berturut-turut dan menjadikannya 30 pertandingan tak terkalahkan dalam proses untuk menyamai rekor nasional yang sudah lama tidak terpecahkan.

Wales walaupun kalah dalam laga ini tetap lolos ke 16 besar karena mereka unggul dalam produktivitas gol dari Swiss.

Italia akan berhadapan dengan runner up grup C yaitu Ukraina atau Austria. Sedangkan Wales akan berhadapan dengan Rusia di 16 besar.

Salam bola @hensa


10 komentar untuk "Euro 2020 : Italia Juara Grup A, Kalahkan Wales 1-0 "