Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Owalah, Ingin Terkenal Jadinya Viral Beneran Bos, Gegara Menebar Berita Hoaks

 
Pixabay

Hidup itu pilihan,  opo iyo?  Kalau menurutku hidup itu penuh tanggung jawab walau di dalamnya kadang tidak bisa memilih, tapi harus bisa memilah, jangan asal ingin terkenal lalu mwnghalalkan segala cara. 


Seperti berita hangat tentang babi ngepet. Atas dasar apa seekor babi yang tidak bersalah harus digepuki? 
Zaman milenia masih ada yang mau ngepet menjadi babi jadi-jadian? 
Pasti yang punya ide begini demi uang akan berpikir sejuta kali, karena sebenarnya capek,  kalau katahuan dan ketangkep jiwa dan nyawa sebagai taruhannya.

Masih ingat cerita ibu saat aku kecil,  di desanya ada orang yang  profesinya mengambil uang orang lain dengan jalan ngepet,  kadang menjadi babi kadang menjadi anjing.  Suatu ketika dia bercerita pada ibuku yang saat itu masih kecil, suaminya tidur dan disebelahnya istri yang harus terjaga sambil mengawasi api lilin atau lampu templok. 

Cara kerjanya seperti itu, bila api sudah bergerak kencang harus segera dimatikan karena mahluk jadi-jadian yang berisi jiwa suaminya yang tidur dalam bahaya. Bila istri yang menjaga nyala api juga tertidur saat ada bahaya dan tidak sempat mematikan api, ya tamatlah riwayatnya. Jiwa yang tidur akan selamanya terkurung dalam binatang yang dijadikan media ngepet. 

Sejak zaman sudah moderen dan mengenal perkembangan teknologi,  mana mungkin ada orang mau melakukan sesuatu yang sangat tidak manfaat hanya untuk mencari kekayaan dwngan reaiko tinggi. Masyarakat harus berhati-hati agar tidak mudah terpengaruh berita bohong.

Kalau ingin terkenal dengan jalan baik prosesnya memang butuh waktu lama,  tapi bila ingin secepat kilat memang benar seperti yang dilakukan pelaku hoaks di Depok itu, dengan membuat keonaran publik. Kasihan itu babi,  bila bisa bicara pasti sudah ngumpat-ngumpat.

Eman-eman bulan suci melakukan hal yang dibenci oleh siapa saja bahkan binatang sekalipun,  yaitu menebar berita palsu,  hoaks alias pitnah. Siapa yang dirugikan? Siapa yang diuntungkan? 

Sekarang pelaku drama babi ngepet sudah viral betulan sesuai harapannya, semua media telah memberitakan.
Semoga tidak ada yang meniru ya. Jejangan dia terinspirasi dari sinetron TV. Opo iyo? 




Ramadhan Mubarak,  02 Mei 2021


Swarna
Swarna Mau panjang atau pendek terserah

2 komentar untuk "Owalah, Ingin Terkenal Jadinya Viral Beneran Bos, Gegara Menebar Berita Hoaks"