Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Pilihan Menu Sahur Pertama

 

Beberapa Pilihan Menu Sahur Pertama
Telur Ayam Ras


 

Tanpa terasa hari ini (12/4/2021) adalah hari terakhir kita bersantap siang, sebab malam nanti kita sudah mulai makan sahur untuk yang pertama. Dan tentu saja segala sesuatunya memang benar-benar harus kita diperhitungkan, agar stamina kita tetap terjaga. Sebab lusa, selama seharian penuh kita akan menahan lapar dan dahaga. Beberapa menu makanan ini patut kita coba untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

 

Dikutip dari DetikHealth, Dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, SpGK dari RS Pondok Indah menjelaskan beberapa pilihan menu makan sahur yang bisa membuat kita tetap bisa beraktivitas secara optimal sembari berpuasa. Dan berikut ini adalah menu makan sahur yang di rekomendasikan untuk menjaga stamina dan bikin kita gak gampang lapar ketika seharian berpuasa.

 

·         Nasi merah

 

Walau tak semua orang terbiasa mengonsumsi nasi merah sebagai sumber karbohidrat. Namun ternyata Nasi merah ini di rekmendasikan sebagai menu makan sahur agar bisa merasa kenyang lebih lama.

Usut punya usut ternyata di dalam Nasi merah ini terkandung serat dan indeks glikemik yang rendah sehingga penyerapan gizi berlangsung perlahan dan lahsil dengan mengkonsumsi ini maka rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

 

·         Telur

 

Rekomendasi menu makan sahur yang kedua adalah Telur. Kenapa Telur? Ternyata Telur ini  kaya akan protein, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk di cerna. Dan hasilnya dalah rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

 

·         Oatmeal

 

Yang ketiga adalah Oatmeal. Makanan ini di ketahui memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan protein yang cukup sehingga dengan mengkonsumsi Oatmeal kita bisa merasa lebih  kenyang lebih lama, apalagi di makan sahur yang pertama.

 

·         Pisang dan Apel

 

Buah Pisang dan Apel memiliki kandungan serat dan vitamin yang membuat buah pisang dan apel ini dipercayai mampu membuat stamina kita tetap terjaga dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

 

·         Alpukat

 

Selain buah Pisang dan Apel, buah ketiga yang masuk di dalam rekomendasi ini adalah Alpukat, sebab buah alpukat ini ternyata tidak hanya cocok sebagai hidangan berbuka puasa saja tetapi juga cocok untuk menu makan sahur. Ternyata buah alpukat ini memiliki kandungan serat dan lemak yang baik sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

 

·         Sayuran hijau

 

Sayuran hijau selain diketahui kaya akan serat, ternyata frekuensi mengunyah yang tinggi saat memakan sayuran hijau ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam sayuran hijau ini baik untuk tubuh kita disaat sedang menjalani ibadah puasa.

 

·         Ikan

Jika ingin stamina tetap terjaga ketika sedang menahan lapar dahaga sehari penuh lamanya, maka pilihan menu makan sahur ini bisa menjadi salah satu rujukan kita sebelum menyiapkan hidangan santap sahur. Ikan yang diketahui super sehat, bisa kita olah dengan cara disup, dikukus, atau dipepes.

 

Selain beberapa jenis makanan diatas, masih ada beberapa jenis makanan yang masuk ke dalam rekomendasi santap sahur, diantaranya adalah Kurma, Kacang – kacangan dan Yogurt, makanan dan minuman ini cocok dijadi jadi menu sahur karena kandungan probiotik dan protein efektif menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama.

 

 

Diakhirkata, "Dengan segala kerendahan hati", Saya mengucapkan Mohon Maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan dan khilaf selama ini. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1442 H.

 


 

 

Bahan Bacaan: 
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4538730/6-tips-memilih-jenis-menu-sahur-sehat-dan-yang-harus-dihindari.

 

 

 

 

 

 

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

9 komentar untuk "Beberapa Pilihan Menu Sahur Pertama "

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat, selamat sahur ya 😊🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya mbak Din.. selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin..

      Hapus
  2. Bermanfaat.
    Selamat menjalankan ibadah shaum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya Om. Selamat menunaikan ibadah puasa☺️🙏

      Hapus
  3. Bermanfaat, ngomong-ngomong itu telur hasil dari ayam-ayam yang nakal itu yaa? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. yang pada suka bertelur di dalam pot bunga😂

      Hapus
  4. Aku tafi omelet mie lauknya hahahahaaa

    BalasHapus
  5. Ulasan yang sangat bermanfaat. Terima kasih, Mas Warkasa.

    BalasHapus