Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Saja Keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan, Yuk cari tau di Sini.


Apa Saja Keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan, Yuk cari tau di Sini.
Foto oleh Abdullah Ghatasheh dari Pexels

 

Masih di dalam suasana Pandemi, umat muslim saat ini kembali kedatangan tamu agung yang kemulian dan keberkahannya itu sangat melimpah di bulan ini, ya tamu agung itu adalah bulan ini sendiri. Bulan Ramadhan, bulan yang sangat di tunggu – tunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia ini.

 

Di bulan Ramadhan ini biasanya umat muslim berusaha untuk meningkatkan segala amal ibadah yang dikerjakannya, umat muslim percaya bahwa amal ibadah yang dikerjakan di bulan ini pahalanya akan  berlipat ganda di bulan yang begitu mulia ini.

 

Selain di kenal sebagai bulan puasa, tahukan sobat bahwa ada beberapa keutamaan yang terdapat di bulan Ramadhan ini?   

Bulan Ramadhan yang selalu ditutup dengan hari kemenangan (Idul Fitri) ini memiliki beberapa keutamaan.

Apa - apa saja keutamaan yang ada di bulan ini, berikut saya coba rangkumkan dari beberapa sumber agar bisa sobat temukan di artikel ringan ini.

 

·         Di Bulan Ramadhan, Al-Quran diturunkan

Al-Quran adalah sebuah kitab suci utama di dalam Agama Islam yang oleh umat Muslim dipercayai bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan kepada Nabi Muhammad. Kitab ini terbagi ke dalam beberapa surah (bab) dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat.

 

Umat Muslim percaya bahwa Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril, berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, dimulai sejak tanggal 17 Ramadan, saat Nabi Muhammad berumur 40 tahun hingga wafat pada tahun 632.

Umat Muslim menghormati Al-Qur'an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad, sebagai salah satu tanda dari kenabian dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad.

 
Bulan Ramadhan adalah Bulan Dikabulkannya Doa

Umat muslim percaya bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, sebab pada bulan ini semua doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Pencipta dan segala jenis kebaikan yang kita kerjakan di bulan Ramadhan ini akan diberikan pahala yang berlimpah.

 

·         Bulan Ramadhan adalah Bulan Penuh Ampunan

Umat muslim percaya bahwa keutamaan lain dari bulan Ramadhan ini adalah bulan yang dimana dosa – dosa akan di ampuni. Maka dari itulah makan bulan Ramadhan ini adalah waktu yang baik untuk melakukan taubat.

 

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslims).

 

Nabi SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan solat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah laluari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Maka dari itu, solat tarawih yang kita kerjakan pada setiap malam di bulan Ramadan ini juga di percayau dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

 

·       Bulan Ramadhan adalah Bulan Penuh Keberkahan

Keutamaan lain dari bulan Ramadhan ini adalah Syahrun Mubarak atau bulan penuh keberkahan. Yang artinya di bulan ini semua jenis amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Dan menariknya, keberkahan ini bukan hanya diberikan kepada umat muslim saja, tetapi kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia. Di Bulan Ramadhan ini seorang muslim diwajibkan untuk melakukan infaq dan sedekah dan setiap akhir Ramadhan seorang Muslim diharuskan untuk membayar zajkat fitrah yang mana ini sangat berguna sekali untuk membantu kehidupan manusia lainnya.

 

·        Di Bulan Ramadhan, Pintu Surga dibuka dan Pintu Neraka ditutup.

Menurut kepercayaan umat muslim bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka selebar - lebarnya dan pintu neraka di tutup serapat - rapatnya. Artinya, Allah SWT telah memberikan kesempatan kepada seluruh hambanya agar bisa masuk ke dalam surga dengan cara memperbanyak amal ibadah yang di kerjakan selama di bulan Ramadhan ini.

 

·     Di Bulan Ramadhan Setan dibelenggu

Dan menurut kepercayaan umat muslim, keutamaan bulan Ramadhan yang lain adalah setan dibeleu pada bulan ini, makanya bulan ini di anggap sebagai bulan paling suci di antara bulan – bulan yang lainnya, karena bulan Ramadhan ini dipenuhi oleh segala jenis kebaikan dan pahala yang di kerjakan oleh anak – anak manusia di dunia.

 

·        Di Bulan Ramadhan ada Malam Seribu Bulan

Kenapa disebut sebagai malam seribu bulan? Karena pada suatu malam di bulan Ramadhan ini ada yang namanya malam Lailatul Qadar atau satu malam yang hanya terjadi di bulan Ramadhan ini saja dan tidak terjadi di bulan – bulan lainnya. Malam Lailatul Qadar ini dipercayai sebagai malam yang paling baik diantara 1000 bulan. Sebab kita bisa mendapatkan yang nilainya setara dengan 1000 bulan. Jadi mari kita berdoa semoga Allah SWT berkenan mempertemukan dengan  malam Lailatul Qadar ini.

 

Itulah beberapa keutamaan yang terjadi di bulan Ramadhan ini, selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga kita semua mendapatkan hikmah dan keberkahan dari bulan suci nan mulia ini.

 

Sumber Bacaan: https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

10 komentar untuk " Apa Saja Keutamaan yang ada di Bulan Ramadhan, Yuk cari tau di Sini."

  1. Dibulan Ramadhan ada Hikmah Ramadhan dalam Cerita Secangkir Kopi. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. hehehe.. Terimakasih sudah menjadi ibu yang baik buat anak - anak di SKB, dengan cara selalu mengingatkan agar selalu menebar kebaikan dimanapun berada..

      Hapus
  2. Mantap, met sahur 😁😀😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met sahur... jangan lupa ngopi sebelum imsak.. hehehe..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hehehe.. terimakasih sudah berkenan membacanya mbak Nita..

      Hapus
  4. Balasan
    1. Ikutan meramaikan "Hikmah Ramadhan" di SKB yuk..

      Hapus
  5. Terima kasih, Mas Warkasa. Artikel yang informatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkenan membacanya Om Budi☺️

      Hapus