Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ngopi 30 Menit sebelum Aerobik Bisa Bakar Lemak

 

Gambar kopi oleh Free-Photos dari pixabay.com
Gambar kopi oleh Free-Photos dari pixabay.com


BAGI sebagian orang, tidak ada korelasi antara senam kebugaran dengan ngopi. Padahal menurut penelitian minum kopi sebelum aerobik bisa membakar kandungan lemak dalam tubuh dengan cepat.

Kopi strong alias kopi kuat kafein (sekitar 3 mg/kg) yang dikonsumsi 30 menit sebelum melakukan olahraga kebugaran tersebut, dapat meningkatkan proses pembakaran lemak. Para peneliti juga menemukan, apabila latihan dilakukan pada sore hari, maka efek bakar lemak dari kafein lebih meningkat dibanding pada pagi hari.

Sebuah studi yang ditayangkan pada Journal of the International Society of Sports Nutrition mengungkap, para peneliti Department of Physiology of the University of Granada (UGR) melakukan eksperimen kepada 15 pria usia pertengahan.

Mereka mendapat asupan 3 mg/kg kafein pada pukul 8 pagi dan 5 sore dan dilakukan pengujian selama 4 kali dengan interval seminggu. Kondisi sebelum pengujian dengan ketat distandarkan, seiring dengan pencatatan pembakaran lemak selama latihan aerobik.

Hasilnya mengejutkan, minum kopi kuat (strong coffee) 30 menit sebelum melakukan olahraga aerobik meningkatkan pembakaran lemak. Asupan dan latihan kebugaran pada sore hari mencatat angka pembakaran lebih baik daripada pada pagi hari.

Kesimpulannya, penemuan dari studi menyarankan bahwa, kombinasi asupan kafein dan olahraga aerobik yang dilakukan pada intensitas sedang pada sore hari merupakan skema optimal bagi mereka yang ingin meningkatkan pembakaran lemak selama latihan fisik.

Ternyata minum kopi dengan kafein kuat berkaitan dengan olahraga aerobik juga ya. Ia mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Bagi yang ingin lebih langsing boleh nih dicoba.

Asalkan setelah berolahraga jangan terus jajan mi bakso, ketoprak, atau nasi soto, mentang-mentang perut terasa lapar. Jangan ya!

Semoga bermanfaat.

Sumber rujukan: scitechdaily.com


8 komentar untuk "Ngopi 30 Menit sebelum Aerobik Bisa Bakar Lemak"