Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manchester United Selangkah Lagi Lolos ke 16 Besar Liga Eropa

 

Bruno Fernandes (Foto Skysports)

Manchester United berhasil memenangkan laga leg pertama di babak 32 besar Liga Eropa melawan Real Sociedad di Juventus Stadium Turin, Jumat (19/2/21) dini hari WIB. Setan Merah unggul telak dengan skor 4-0. 

Dengan kemenangan ini, Setan Merah demikian julukan Manchester United tinggal selangkah lagi lolos ke 16 besar. Mereka cukup bermain imbang ketika menjamu Real Sociedad di Old Trafford pekan depan Jumat (26/2/21) pukul 03.00 dini hari WIB. 

Dalam laga ini Bruno Fernandes mencetak dua gol sedangkan dua gol lainnya dicetak masing-masing oleh Marcus Rashford dan Daniel  James. Usai laga ini, Fernandes sempat berkomentar kepada para pewarta. 

"Kami berada di kompetisi ini untuk memenangkannya. Saya bukan tak terhentikan, saya hanya melakukan yang terbaik untuk tim." Demikian Fernandes seperti dilansir oleh UEFA.com (19/2/21). 

Fernandes layak dinobatkan sebagai man of the match dengan dua golnya. Gelandang serang Red Devils ini semakin produktif dengan gol-gol yang dicetaknya ke gawang lawan. Pada kompetisi Premier League, Fernandes adalah gelandang yang sangat produktif bersaing dengan para striker seperti Mohamed Salah dari Liverpool. 

Pasukan asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini masih memperlihatkan konsistensi permainan mereka yang tidak terkalahkan dalam 6 laga terakhirnya. 

Sejak bermain 0-0 dengan Arsenal, akhir Januari 2021 lalu, United kemudian menang 9-0 atas Southampton, Ditahan imbang 3-3 oleh Everton di Old Trafford, menang 1-0 atas West Ham dan harus berbagi angka 1-1 dengan tuan rumah West Brom. Tren positif  tersebut berlanjut ketika mereka menang 4-0 atas Real Sociedad. 

Solskjaer menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan memberikan kesempatan kepada Dean Henderson sebagai penajaga gawang menggantikan posisi David de Gea. Di lini belakang Harry Maguire berduet dengan Eric Bailly sebagai bek tengah. Dua full back diberikan kepada Wan Bissaka dan Alex Telles. 

Fred dan Scott MacTominay turun sebagai duet pivot untuk menjaga keseimbangan tim. Sedangkan duet sayap mereka adalah Mason Greenwood dan DanielJames. Marcus Rashford ditempatkan sebagai penyerang tunggal dibantu oleh Fernandes sebagai penyerang bayangan di belakangnya. 

Manchester United hanya menguasai 44 persen bola namun sangat efektif dalam melakukan serangan balik. Dua gol terakhir mereka melalui kaki Rashford dan Daniel James adalah melalui pola serangan balik cepat. 

Dari data statistik yang dilansir UEFA.com (19/2/21), Manchester United memiliki 13 peluang dengan 9 tembakan mencapai target dan 4 tembakan diantaranya menjadi gol. Dibandingkan dengan Real Sociedad yang hanya memiliki 7 peluang dan hanya dua tembakan yang tepat sasaran. 

Mereka juga memiliki kesempatan tendangan penjuru lebih banyak 5 kali berbanding 4 kali dengan yang dimiliki Sociedad. Situasi yang menggambarkan agresivitas dalam menyerang. 

Selamat kepada pasukan Setan Merah yang sudah berhasil melangkahkan satu kakinya ke babak 8 besar Liga Eropa. Pada leg kedua Setan Merah hanya cukup menahan draw Real Sociedad di Old Trafford. 

@hensa .

5 komentar untuk "Manchester United Selangkah Lagi Lolos ke 16 Besar Liga Eropa"

  1. Selamat siang dan salam olga pak Hensa☺️🙏

    BalasHapus
  2. Asiikk kaya nonton bola beneran 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Widz. Salam hangat kami dari Tanah Air.

      Hapus
  3. Pak Hensa bagaimana kabarnya

    BalasHapus