Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manchester City Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Premier League

 

City vs West Ham (Foto AP/Martin Rickett) 

Manchester City semakin tak tergoyahkan berada di posisi pertama klasemen Premier League setelah dalam laga mereka yang ke-26 berhasil menang 2-1 atas West Ham United di Stadion Etihad, Sabtu (27/2/21). Uniknya dua gol City dicetak oleh dua bek tengah mereka, Ruben Dias dan John Stones. 

Ruben Dias membuka skor untuk City dengan sundulan kepalanya di babak pertama, sebelum Michail Antonio menyamakan kedudukan untuk West Ham menjadi 1-1. Gol antonio ini merupakan kebobolan pertama City di Stadion Etihad sejak Desember lalu. Skor 1-1 ini bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua West Ham terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Hammers yang saat ini berada di posisi ke-4 klasemen adalah tim yang tidak mudah ditundukkan. Mereka selalu mampu bertahan dari setiap serangan City. Trio penyerang Sergio Aguero, Ferran Torres dan Ryad Mahrez tidak mampu menembus pertahanan West Ham. 

Namun akhirnya gol kemenangan City lahir lagi-lagi melalui pemain belakang John Stones. Gol ini terjadi pada menit ke-68 dari umpan cerdas Kevin De Bruyne yang berhasil diselesaikan bek tengah City tersebut. 

Bek tengah City tersebut bergabung dengan Ruben Dias mitranya di jantung pertahanan City, sebgai sosok pencetak dua gol untuk membawa skuad Biru Langit tersebut memimpin di puncak klasemen dengan 62 poin. 

City unggul 13 poin dari rival sekota, Manchester City dan juga Leicester yang berada di posisi kedua dan ketiga. Kemenangan ini juga memperpanjang rekor City tidak terkalahkan dalam 27 laga mereka di semua kompetisi. 

Catatan apik perlu diberikan kepada penjaga gawang City, Ederson yang mampu menggagalkan beberapa peluang West Ham. Salah satunya ketika dia bertindak untuk memblokir sundulan Michail Antonio.

Pemain lain yang bersinar dalam laga ini adalah Kevin De Bruyne. Pemain asal Belgia ini sudah pulih dari cederanya dan menjadi starter dalam laga ini. Kevin menjadi arsitek dalam tim dengan sebuah asisnya menjadi salah satu gol City ke gawang West Ham. 

Kevin memberikan umpan silang kaki kirinya yang akurat untuk Ruben Dias yang berhasil menjadi gol pembuka Manchester City. Kiper West Ham, Darren Randolph hanya pasrah menerima gol tersebut. Darren menggantikan posisi Lukasz Fabianski yang mengalami cedera. 

Pada babak pertama itu, akhirnya Antonio berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dua menit sebelum jeda. Antonio melakukan tembakan untuk golnya dari asis Jesse Lingard. Gol ini merupakan gol yang merupakan rekor kebobolan pertama City di Etihad. 

Mereka, skuad City ini membiarkan gol untuk pertama kalinya di kandang sejak bermain 1-1 dengan West Brom pada 15 Desember lalu. Semenara laga ini adalah laga ke-200 bagi Guardiola yang berakhir dengan kemenangan. 

Saat ini Guardiola memiliki 200 kemenangan sebagai Bos City, dicapai dalam pertandingan paling sedikit yang dibutuhkan oleh seorang manajer tim papan atas Liga Inggris. 

Kemenangan atas West Ham ini juga membawa pealtih berpaspor Spanyol ini meraih menjadi 500 kemenangan bersama tim yang pernah dilatihnya di semua kompetisi. Tim tersebut adalah Barcelona 179 menang, Bayern Munich 121 menang dan City 200 menang. 

Dari data Twitter.com/OptaJoe (27/2/21), bahwa 200 kemenangan Guardiola bersama City datang hanya dalam 273 pertandngan. Sebelumnya Jose Mourinho memegang rekor permainan paling sedikit untuk mencapai rekor itu oleh Bos tim papan atas di Inggris, mencapainya dalam 309 pertandingan. 

Apapun catatan Guardiola tentang hal tersebut, hal yang paling penting adalah Manchester City saat ini semakin dekat dengan gelar kompetisi bergengsi di Inggris ini. Selamat untuk The Citizen. 

@hensa

6 komentar untuk "Manchester City Semakin Kokoh di Puncak Klasemen Premier League"