Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel Politik dengan Mengikuti Blogshop

Gambar dari sumber: properti KPB. (Desain oleh Andri Sonda, Manna Creative Design, Makassar)

Gambar dari sumber: properti KPB. (Desain oleh Andri Sonda, Manna Creative Design, Makassar)

Bagi sebagian orang menulis artikel politik demikian mudah, dengan cairnya mereka menghasilkan karya tulis yang mendapat jumlah pengunjung yang signifikan. Bukankah banyaknya pageviews merupakan harapan para blogger

Artikel politik diperkirakan mengisi seperlima blog keroyokan. Mengutip Kaleidoskop Kompasiana, sepanjang bulan Januari-November 2020 karya tulis yang mengulas, membahas, dan menganalisa kabar aktual dunia politik menempati 21,8% dari 211.358 artikel ditayangkan.

Namun blogger lain melihatnya sebagai belantara kata penuh data yang mengerikan untuk dijelajahi. Artikel mesti disajikan dengan fakta yang sahih. Juga harus dilandasi pengetahuan dan kerangka teori agar bisa mengulas isu hangat secara cermat.

Belum lagi memikirkan mengenai pendapat tandingan, diskursus, dan polemik yang dipetik dari penayangan artikel politik tersebut.

Sebuah kumpulan penulis Kompasiana, Komunitas Penulis Berbalas (KPB) akan mengadakan lokakarya, yang dapat diikuti melalui Zoom maupun YouTube kanal Tribun Timur: https://youtube.com/c/tribuntimur.

Bekerjasama dengan Tribun-Timur.com dan Comunicasting Academy, KPB menyelenggarakan Blogshop, dengan keterangan sebagai berikut:

  1. Hari, Tanggal: Kamis, 4 Februari 2021, pukul 13.00 WIB.
  2. Tempat (luring): SMK Studios,  Kantorkuu, Sudirman Citywalk Lt. 2, Jl. K.H. Mas Mansyur No. 121, Jakarta 10220.
  3. Pembicara Utama: Profesor DR. Gun Gun Heryanto, M.Si., seorang Pakar Komunikasi Politik, Direktur Eksekutif The Political Institute.
  4. Pembicara Pendamping: Elang Salamina (Penulis di Kompasiana Terpopuler nomor 1 tahun 2020) dan Fery Widiatmoko (Penulis di Kompasiana Terpopuler nomor 2 tahun 2020).
  5. Pemandu Acara: Donny De Keizer, anchor TV Berita Satu.
  6. Tema Acara: Menulis Artikel Politik Populer yang Bernas dan Wawas.
  7. Pendukung Acara:

Akhirul Kata

Kegiatan di atas akan menuntaskan dahaga literasi, terutama bagaimana menulis artikel politik secara populer, tetapi masih mengikuti kaidah yang “aman” bagi penulisnya.

Semoga acara Blogshop Bersama KPB dan Tribun-Timur.com menjadi oasis bagi kita.            

Untuk  pendaftaran klik tautan ini

11 komentar untuk "Cara Menulis Artikel Politik dengan Mengikuti Blogshop"