Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Begini Lho Kriteria dalam Lomba Foto SKB

 

Foto bersama seusai Kelas Fotografi oleh Ozy Alandika.
Foto bersama seusai Kelas Fotografi oleh Ozy Alandika.
Kemarin sore, Admin secangkirkopibersama.com (SKB) telah mengumumkan ketentuan dan kriteria penilaian dalam lomba foto beserta narasi. 

Meskipun kisi-kisi tersebut disampaikan oleh Admin SKB, tetapi beberapa anggota masih kebingungan menginterpretasikannya.

Singkat saja. Di bawah akan diutarakan pemahaman saya tentang kriteria tersebut, sebagai berikut:

  1. Tema foto bebas. Artinya, peserta boleh menjadikan apa saja sebagai target pemotretan, baik memakai kamera profesional maupun smartphone. Maka, sasaran foto bisa: orang, bangunan, pemandangan alam (bunga, taman, burung, hewan, lanskap dan yang lainnya.
  2. Hasil foto berserta narasinya ditayangkan di blog secangkirkopibersama.com, bukan di mading apalagi di hatimu. Karya tersebut merupakan hasil upaya baru setelah mengikuti Kelas Fotografi bersama Tonny Syiariel, Rabu (13/1/2021).
  3. Cara pengambilan foto memanfaatkan pengetahuan (tips komposisi) yang didapat dari kelas tersebut. Selengkapnya bisa dilihat di sini.
  4. Selain foto, kisah di balik ilustrasi itu dinilai juga lho! Narasi, keterangan, atau ceritanya harus nyambung dengan foto. Tentu saja menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil foto dan tulisan adalah karya asli, bukan hasil plagiat. Dan yang pasti tidak memuat anasir SARA, apalagi body shaming. Jangan ya!
  5. Jangan lupa, cantumkan label: Foto, Kelas Teknik Fotografi (ada dua label) pada setiap artikel.
  6. Oh ya, selang waktu penayangan adalah tanggal 14 hingga 17 Januari 2021. Hari ini udah bisa.

Jadi, itulah kira-kira kriteria penilaian yang akan digunakan oleh panitia di SKB.

Semoga bermanfaat.


12 komentar untuk "Ternyata Begini Lho Kriteria dalam Lomba Foto SKB"