Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lumut dan Bunga Belimbing




Lumut dan Bunga Belimbing (proses cropping dan penambahan nama)


Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada hikmah dan manfaatnya. Makhluk yang kecil atau tumbuhan liar pun pasti mempunyai keistimewaan. Baik langsung ataupun tidak, pasti ada kelebihan yang tersimpan dari keberadaan suatu makhluk. 
Lumut dan rumput kecil 


Pernahkah kita mengamati keberadaan lumut? Apakah peran lumut dalam ekosistem? Tahukah kita manfaatnya bagi kehidupan kita? 

Jawabannya pasti akan panjang dan lebar. Namun jangan khawatir, di sini saya hanya akan menampilkan foto lumut yang sering kita temui di sekitar kita. Tidak kecewa kan? Hihihi. 

Lumut yang kita kenal sebagai tumbuhan perintis, tanpa kita sadari sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita. Dalam ekosistem dia berperan sebagai penyedia oksigen, penyimpan air, dan penyerap polutan. Lumut jenis tertentu bisa dimanfaatkan sebagai obat mata dan kulit, sedangkan jenis yang lain bisa dimanfaatkan sebagai ornamen tata ruang. 
Bunga Belimbing dan Lumut (foto asli)


Nah, yang berikut adalah foto lumut yang diambil menggunakan kamera HP Samsung, tanpa edit, hanya di potong dari foto sesungguhnya. 
Bunga Belimbing di Atas Lumut (setelah gambar dicrop)

Ketika lumut disandingkan bunga belimbing yang warnanya cerah, perpaduan warnanya menjadi lebih indah. Bunga belimbing yang terlihat biasa saat di dahan, menjadi lebih indah saat jatuh di atas hamparan lumut. 

Foto-foto ini tanpa melalui proses editing dan hanya menggunakan kamera HP. Dengan memanfaatkan golden hours, saat sinar matahari sedikit mendung, tak perlu lagi menggunakan tambahan pencahayaan. 

Masih banyak kekurangan dalam proses pengambilan gambar. Namun, ilmu yang sudah dibekali oleh Pak Tonny Syiariel sudah jauh bermanfaat. Hanya obyek foto dan alat penunjangnya yang kurang maksimal. Semoga lain kesempatan bisa mengambil gambar yang indah di momen terindah. 

Salam. 


Any Sukamto 

17 Januari 2021

8 komentar untuk "Lumut dan Bunga Belimbing"

  1. Seger warnanya, buat mata melek
    Bagus mbak

    BalasHapus
  2. Saya juga posting beberapa foto lumut... Saya suka setelah dizoom, nampak tumbuhan kecil nan hijau. Dan juga beberapa jenis yang membuat mereka indah karena berbeda😊
    Semangat Mbak Any...

    BalasHapus