Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Ilmu yang Diperoleh dari Kelas Fotografi

 

Foto bersama Kelas Fotografi SKB oleh Ozy Alandika.
Foto bersama Kelas Fotografi SKB oleh Ozy Alandika.

Blog secangkirkopibersama(SKB) pada hari Rabu, 13 Januari 2021, pukul 09.00 sampai dengan 11.00, telah sukses menggelar acara melalui Zoom. 

Kelas Teknik Fotografi itu difasilitasi oleh Bapak Tonny Syiariel, seorang Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, dan Founder of ITLA

Beliau, yang juga dikenal piawai dalam teknik fotografi, membagikan ilmunya kepada 22 orang penulis di SKB. Tujuannya agar para penulis itu menguasai teknik fotografi dasar. Harapannya, mereka mampu menghasilkan foto atau gambar ilustrasi berkualitas untuk mendukung artikelnya.

Beliau telah berkeliling Indonesia, bahkan dunia.  Obyek-obyek yang pernah dikunjungi, direkamnya dalam serangkaian foto. Bukan sekadar pelengkap kisah perjalanan, tetapi karya seni yang bercerita dan mengajak pemirsanya turut bertualang.

Untuk itulah, melalui pelatihan yang tidak dipungut biaya, Pak Tonny memberikan materi-materi, antara lain:

  1. Pentingnya passion, daya imajinasi, dan kreativitas dalam proses menghasilkan gambar.
  2. Gambar atau foto dihasilkan dari pantulan cahaya dengan memanfaatkan pemahaman tentang: ISO, diafragma, dan kecepatan bukaan.
  3. Selain itu diperlukan kemampuan berimajinasi mengenai: bingkai (framing); garis pengarah (leading lines); waktu-waktu keemasan untuk mengambil foto; komposisi simetris, memotret dengan mematikan flash; cara memilih spot foto yang mudah diingat; memindahkan subyek ke kiri/kanan; mengatur subyek; teknik pengambilan foto candid; perspektif; memanfaatkan warna-warni subyek.

Penyampaian yang sangat menarik disertai foto-foto ilustrasi yang indah membuat waktu dua jam terasa kurang. Tutur bahasa Pak Tonny amatlah sejuk, hingga membuat suasana kelas menjadi adem. Ditambah host ramah, yaitu Mbak Apriani Dinni yang cantik dan Mas Ozy Alandika nan ganteng.

Demikian menariknya, sehingga setelah sesi pemotretan bersama, para peserta enggan beranjak alias leave. Masih pada kangen, kali. Hehehehe.

Walaupun kelas diadakan hanya dua jam, rasa-rasanya taksabar ingin menjajal kebisaan baru, yakni membuat foto yang tidak seperti biasanya, tetapi lebih berkualitas dengan teknik-teknik yang telah diajarkan, kendati menggunakan kamera smartphone.

Semoga bermanfaat.


23 komentar untuk "Ini Dia Ilmu yang Diperoleh dari Kelas Fotografi"

  1. KerenπŸ‘ Terimakasih untuk Om Budi dan segenap panitia ,sehingga acara ini berlangsung dengan sukses☺️πŸ‘

    BalasHapus
  2. Bermanfaat πŸ™πŸΎ

    BalasHapus
  3. Asik keren mantab. Tengkyu Pak Budi πŸ˜€

    BalasHapus
  4. Langsung praktik, mana gambarnya nih, mas Budi πŸ˜€

    Salam πŸ™ sehat

    BalasHapus
  5. Nah itu tadi yang belum aku tahu tentang biodata Pak Tonny he he he
    Artikelnya keren

    Aku mau foto bakso hihihi

    BalasHapus
  6. Iya betul waktu terasa kurang dan enggan beranjak leave dari zoomπŸ˜πŸ˜„

    BalasHapus
  7. Namanya Mastah ya tetap aja Mastah. Sambil rebahan juga jadi tulisan. Buka kursus cari ide yang cepat, dong, Pak Budi. Saya mau belajar. 😁😁

    BalasHapus
  8. Namanya Mastah ya tetap aja Mastah. Sambil rebahan juga jadi tulisan. Buka kursus cari ide yang cepat, dong, Pak Budi. Saya mau belajar. 😁😁

    BalasHapus
  9. OmBud ... keren banget euy!

    BalasHapus
  10. Wah kalau tau ada webinar zoom tentang fotografi saya mau ikut

    BalasHapus