Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga dalam Bingkai Kacamata


Framing, cara yang digunakan untuk memberikan bingkai pada obyek utama pada sebuah foto. 

Setelah mendapat ilmu fotografi dari Mas Tonny Syiariel, saya bingung,  nah pasalnya tiap pagi disambut hujan,  jadi untuk mendapatkan gambar ketika matahari muncul masih dalam rencana,  begitu juga ketika sore,  mendung menghiasi langit. Sehingga mencari cara bagaimama mengaplikasikan setidaknya satu teknik yang sudah diberikan. Mendekati DL pun sedikit kelabakan mencari obyek gambar. 

Akhirnya dengan benda-benda seadanya di rumah, saya mencoba membuat gambar yang sedemikian rupa,  agar menarik. Kaca mata dan bunga di halaman tetangga jadi sasaran praktek saya. 

Karena memakai HP dengan kualitas kamera yang biasa saja,  maka saya terpaksa memberi perlakuan pengolahan gambar,  agar tampak segar.  Memakai aplikasi Snapseed, bisa  dilihat gambar asli hasil jepretan HP kamera seadanya seperti ini. 


Pucat dan tidak segar ya, kualitas kamera memang mempengaruhi hasil jepretan.  Mungkin akan berbeda bila kualitas kamera canggih walau menggunakan HP. Padahal kalau dipandang dengan mata, bunga itu kuning segar dan daunnya hijau tua segar. 

Nama bunga itu Turnera Ulmifolia , dia akan mekar pada pagi hari dan menguncup di sore hari. Nama Indonesianya "Bunga Pukul 8". Bunga yang cantik tak kalah menarik dengan bunga yang berharga mahal. 

Turnera termasuk bunga liar,  ada dua jenis, putih dan kuning.  yang berwarna kuning ini cara berkembangbiaknya dengan biji, lebih cepat penyebarannya dari pada yang putih.

Kembali pada fotografi, komposisi sangat menentukan hasil gambar,  saya masih belajar semoga sudah sesuai menggunakan teknik 1/3, semoga sesuai dengan teori yang sudah diberikan dari kelas fotografi.


Salam 

Januari, 17012021






Swarna
Swarna Mau panjang atau pendek terserah

3 komentar untuk "Bunga dalam Bingkai Kacamata"