Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Jumlah Kata yang Ideal untuk Artikel di Website atau Blog

 

Berapa Jumlah Kata yang Ideal untuk Artikel di Website atau Blog
Foto oleh Wictor Cardoso dari Pexels

Mungkin ada keinginan untuk membangun sebuah blog, terlebih saat melihat blog milik orang lain memiliki banyak pengunjung, sehingga tanpa sadar karena ingintau kita menuliskan kalimat ini di mesin telusur, “Berapa Jumlah Kata untuk artikel di blog” dan masih kurang puas dengan jawaban dari mesin telusur, akhirnya kita kembali mengirimkan pertanyaan yang kurang lebih masih sama dengan pertanyaan sebelumnya ke teman kita melalui media Chatt seperti Whatsapp dan lain sebagainya.

 

“Berapa sih jumlah kata yang ideal di dalam sebuah artikel pada sebuah blog atau Web agar bisa menarik SEO?”

 

Dari hasil membaca dan juga bertanya kesana - kemari, pada akhirnya Saya harus mengambil kesimpulan dan menentukan sendiri format yang tepat untuk blog – blog pribadi yang Saya kelola ini, namun begitu, tidak ada salahnya juga jika Saya merangkumkannya disini, beberapa hasil pencarian Saya tadi di mesin telusur, mana tau bisa berguna juga buat yang lainnya ketika membaca artikel ini.

 

Baiklah… agar tidak terlalu panjang kata – kata pengantar yang mungkin sebenarnya tidak terlalu penting ini, sekarang kita langsung saja ya?

Ternyata inilah beberapa kriteria jumlah kata untuk konten Web/Blog jika ingin sedikit mendapatkan sambutan hangat di mesin telusur saat konten kita itu berhasil kita unggah di Web/Blog kita.

 

Jumlah kata 300 – 400 ini termasuk standar minimal jika kita ingin mendapatkan perhatian SEO. Oh ya ngomong- ngomong SEO itu apa?

Begini, menurut pusat bantuan di penelusuran Google yang Saya baca,  ternyata SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Dan SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan Web atau Blog. Jadi ini sangat berpengaruh pada artikel kita setelah kita unggah, apakah artikel kita ini masuk mesin telusur dan website kita ini layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak. 

 

Nah! Setelah mengerti tentang fungsi SEO, mari kita lanjutkan kembali ke pembahasan awal tadi, berapa sih jumlah kata dalam sebuat artikel yang bisa terdeteksi oleh SEO?

 

Jika tadi disebutkan untuk artikel standar minimal adalah 300 – 400 kata untuk jenis informasi yang kita harapkan orang lain untuk meluangkan waktunya selama 1- 1,5 menit saja untuk membaca satu artikel kita.

Urutan selanjutanya adalah jumlah 500 – 800 kata di dalam satu artikel. Untuk jenis artikel ini biasanya suka dipilih untuk jenis artikel yang memuat informative – edukatif, bisa juga jenis artikel tips, cara dan panduan dan lain sebagainya yang tentu akan membuat siapapun pembaca artikel bisa meradang jika si penulis artikel memberikan contoh panduan hanya setengah-setengah saja, apalagi jika sampai di buat “Bersambung” seperti cerita Novel. Hehehe..Jadi walau hanya 500 - 800 kata, usahakan untuk artikel jenis ini tuntas untuk sekali tayang.

 

Untuk artikel berupa informasi detail dan juga tips panduan, serta langkah – langkah sebaiknya berkisar di angka 800 – 1200 kata.

Artikel yang lebih dari 1200 kata biasanya mirip dengan artikel karya ilmiah, tapi sebaiknya jika menuliskannya di Website  atau blog tidak melebihi dari patokan jumlah kata tersebut, agar pembaca tidak merasa bosan, dan pastikan dengan gaya spasi yang mudah di baca.

 

Kenapa begitu?

Sebab artikel Web atau Blog itu sangat berbeda dengan tulisan ilmiah, jadi jangan pernah menyamakan membuat artikel di blog itu dengan tulisan ilmiah yang mengikuti standar Bahasa Indonesia, tapi sebelaiknya, kita harus bisa membuat bahasa ilmiah itu menjadi asik buat dibaca dan tidak membosankan di paragaraf pertamanya.

 

Semoga bermanfaat. Salam

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

14 komentar untuk "Berapa Jumlah Kata yang Ideal untuk Artikel di Website atau Blog"