Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Terseok-seok di Premier League, "The Gunners" Arsenal Berjaya di Liga Eropa

Mikel Arteta, Manajer Arsenal (Foto The FA.com) 

Bagi para fans The Gunners mungkin ada kegembiraan di tengah-tengah rasa prihatin mereka saat Arsenal lolos ke 32 besar Liga Eropa. Keprihatinan itu adalah Arsenal tidak juga beranjak dari papan tengah Liga Inggris. 

Saat ini mereka ada di peringkat 15 dengan 13 poin dengan produktivitas minus 4 gol. Posisi tersebut hanya 6 poin saja dari jurang degradasi. Artinya jika Arsenal kembali mengalami kekalahan dua laga maka sudah ada di zona degradasi. Sungguh sangat memprihatinkan. 

Dari 11 laga yang sudah dijalani, Arsenal hanya memperoleh 13 poin dari 4 kali menang sekali draw dan sisanya mereka kalah. Empat kemenangan tersebut didapat dari Fulham, West Ham, Sheffield United dan Manchester United. Sedangkan 6 kekalahan mereka tiga diantaranya oleh klub papan atas, yaitu Tottenham, Leicester dan Liverpool. 

Performa mereka selama kompetisi Premier League masih terus mendapatkan evaluasi secara menyeluruh oleh tim pelatih. Manajer mereka Mikel Arteta terus berupaya membangkitkan motivasi skuad asuhannya. 

Berbeda dengan kiprahnya dalam Liga Eropa, Arsenal benar-benar berjaya. Mereka berhasil meraih hasil sempurna di fase grup dengan enam kemenangan dengan 18 poin. Produktivitas golnya juga sangat subur yaitu membobol gawang lawan 20 gol dan hanya keboblan 5 gol. 

Arsenal berada di grup B bersama tiga tim lainnya yaitu Molde, Rapid Wien dan Dudalk FC. The Gunners mengalahkan Rapid Wien (2-1 dan 4-1), menang dari Molde (4-1 dan 3-0) dan mengalahkan Dundalk FC (3-0 dan 4-2). Pencapaian yang sempurna dari skuad asuhan Mikel Arteta ini. 

Terlepas dari lawan-lawan yang ada di grup tersebut yang memang levelnya jauh di bawah Arsenal, tetapi laga di Liga Eropa tidak mudah karena berlangsung di tengah padatnya jadwal kompetisi lainnya. 

Liga Eropa saat ini sudah menyelesaikan semua laga di fase grup mereka. Ada 24 tim yang lolos ke fase berikutnya bersama 8 tim peringkat ketiga dari Liga Champions. Inggris akan diwakili oleh 4 klub yaitu Arsenal, Leicester, Tottenham Hotspur dan Manchester United yang baru saja tersisih di gase grup Liga Champions. 

Selain United, ada juga Ajax yang juga tersisih dari fase grup Liga Champions. Kali ini Liga Eroap cukup ketat dalam persaingan mereka merebut trofi. Setidaknya ada tiga klub yang mantan juara trofi Liga Champions yaitu AC Milan, Manchester United dan Ajax Amsterdam. 

Kehadiran tiga klub ini tentu saja semakin menjadi tantangan bagi Arsenal untuk meraih prestasi tinggi diajang Liga Eropa. Mikel Arteta memiliki tugas semakin berat menghadapi dua ajang ini yaitu Liga Eropa dan Premier League. 

Saat ini sambil menunggu undian 32 beesar yang akan berlangsung di Nyon, Selasa 15 Desember 2020 pukul 18.00, skuad Arsenal lebih fokus menghadapi lanjutan Liga Inggris. 

Pada pekan ke-12, Arsenal akan menjamu Burnley di Emirates Stadium, London pada Senin (14/12/20) pukul 02.00 WIB. Laga yang sangat  penting untuk dimenangkan. Raihan tiga poin akan mengangkat posisi mereka di klasemen. 

Semoga spirit skuad The Gunners di Liga Eropa bisa mereka bawa ke kompetisi Premier League. Selamt berjuang Mikel Arteta dan skuad asuhannya. Salam bola. 

@hensa

6 komentar untuk "Terseok-seok di Premier League, "The Gunners" Arsenal Berjaya di Liga Eropa"