Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Southampton Menyodok ke 5 Besar Premier League

Danny Ings (Foto Skysports)

Southampton berhasil masuk dalam 5 besar Premier League setelah dalam laga mereka yang ke-11 berhasil mengalahkan tuan rumah Brighton. Laga yang berlangsung  di AMEX Stadium, Palmer pada Selasa (8/12/20) dini hari WIB ini berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk "The Saints" Southampton. 

Dengan kemenangan ini pasukan asuhan Ralph Hasenhuttl berhasil mengumpulkan 20 poin menggeser posisi Manchester United di posisi ke-5. Setan Merah sendiri memiliki 19 poin diposisi ke-6 dengan menyisakan satu laga tunda. 

Southampton menguasai permainan dengan dominasi 53 persen ball possession. Kendati dalam fakta di lapangan pertandingan berjalan imbang, namun keberpihakan berada di kubu Saints.  Mereka mendapatkan dua gol penting untuk meraih 3 poin.

Seorang Danny Ings yang masuk ke lapangan dari bangku cadangan, mencetak gol kemenangan memalui titik penalti di menit akhir untuk membawa Saints ke papan atas. 

Tim tuan rumah memimpin terlebih dulu ketika di menit ke-26, ketika terjadi handball dari pemain gelandang Southampton, James Ward-Prowse. Hukuman penalti ini dimanfaatkan dengan baik oleh algojo Brighton, Pascal Gross. Brighton unggul 1-0 atas Southampton. 

Namun Saints berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada akhir babak pertama. sundulan Jannik Vestergaard umpan akurat dari James Ward-Prowse menembus gawang Brighton yang dikawal oleh Mat Ryan. 

Pada babak kedua serangan kedua tim silih berganti. Upaya Theo Walcott melebar dari sasaran gawang Mat Ryan. Demikian pula dengan cerdas menciptakan peluang untuk Nathan Redmond namun disayangkan tendangannya melayang di atas mistar gawang Brighton. 

Kedudukan 1-1 ini berlangsung hingga menit-menit akhir. Sampai dengan menit ke-81, ketika semua orang menganggap laga akan berakhir draw ternyata kejadian di akhir laga menguntungkan bagi Southampton. Ketika sebuah umpan yang diberikan Vestergaard kepada Kyle Walker-Peters lalu defender Southampton ini dijatuhkan oleh Solly March yang berbuah hukuman penalti. 

Pemeriksaan VAR menunjukkan bahwa March melakukan pelanggaran kepada Kyle Walker tersebut. Danny Ings bertindak sebagai algojo dan berhasil membobol gawang Mat Ryan. Ini adalah gol ke-6 Ings di musim kompetisi tahun ini.  

Berada pada urutan ke-5 di bawah Leicester yang berada diposisi 4, merupakan pencapaian terbaik  Southampton musim ini bersama pelatih Hassenhuttle. Apalagi mereka mengungguli duo Manchester yang berada diposisi ke-6 dan ke-7. 

Apakah Saints akan terus melaju menghadapi laga padat bulan Desember ini? Ataukah akhirnya kembali terlempar dari 5 besar? Kita akan lihat dalam laga-laga selanjutnya dari Saints. Selamat untuk Southampton. Salam bola. 

@hensa

2 komentar untuk "Southampton Menyodok ke 5 Besar Premier League"