Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roberto Firmino Bawa Liverpool ke Puncak Premier League

 

Klopp dan Mourinho dua pelatih papan atas di Premier League (Foto Skysports.com)

Pertemuan Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield pada Kamis (17/12/20) dini hari WIB, adalah big match yang sudah ditunggu para penggemar. Beruntunglah para suporter yang hadir di Anfield menyaksikan kemenangan tim kesayangan mereka The Reds dengan sangat dramatis. 

Liverpool unggul terlebih dulu ketika Mohamed Salah berhasil mencetak gol pada menit ke-26. Namun hanya 7 menit kemudian, Spurs berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Son Heung Min. Berawal dari serangan balik, Giovani Lo Celso memberikan umpan akurat dari area tengah. Son berhasil mengejar umpan tersebut dan dengan mudah mengecoh kiper Liverpool, Alisson Becker. 

Juergen Klopp menurunkan formasi 4-3-3 dengan perubahan di lini belakang dengan memberikan kepercayaan kepada Rhys Williams mendampingi Fabino sebagai bek tengah. Rhys menggantikan psosi yang biasa ditempati oleh Joel Matip atau Joe Gomez. 

Full back masih dipercayakan kepada duet inti Liverpool yaitu, Alexander Arnold dan Andy Robertson. Demikian pula penjaga gawang dikawal oleh Alisson Becker. Kuartet lini belakang ini cukup kokoh menahan serangan balik yang berbahaya dari pasukan Jose Mourinho. Meski mereka bobol juga ketika Son Heung Min melesat tidak bisa dicegah untuk mencetak gol penyama kedudukan. 

Skor imbang bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua paling tidak ada dua peluang bagi kedua tim. Harry Kane berhasil lolos dari jebakan off side lini belakang Liverpool. Dia langsung berhadapan dengan Alisson Becker namun tembakannya melebar ke kiri gawang Liverpool. 

Dari kubu Liverpool, Sadio Mane berhasil melewati bek kiri Spurs, Aurier tinggal berhadapan dengan kiper Spurs, Hugo Lloris, namun tenangan keras Mane hanya membentur mistar gawang. Begitu pula Mohamed Salah dan Frmino tembakannya berhasil ditangkap Lloris. 

Laga berlangsung dengan komposisi penguasaan bola didominasi Liverpool. Praktis Spurs hanya mampu bertahan dengan serangan balik saja. Sepanjang babak kedua berlangsung Liverpool terus menggempur pertahanan Spurs. Namun benteng kokoh mereka sangat kuat untuk ditembus dan berkali-kali pemain Liverpool gagal menjebol gawang. 

Laga sudah memasuki menit ke-90 dan semua sudah menganggap bahwa laga ini berakhir dengan seri, Namun akhirnya gol Liverpool itu lahir di menit akhir ini melalui sundulan Roberto Firmino yang memanfaatkan tendangan sudut Robertson. 

Kemenangan ini membuat Liverpool bertengger di puncak klasemen sementara Premier League dengan 28 poin. Selisih tiga poin dengan peringkat kedua, Tottenham Hotspur. Kemenangan ini juga memberikan kepuasaan bagi Juergen Klopp dalam menghadapi jadwal padat di Bulan Desember ini. 

Selamat untuk Liverpool. Salam bola @hensa




2 komentar untuk "Roberto Firmino Bawa Liverpool ke Puncak Premier League"