Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog

 

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog
Foto oleh Brett Jordan dari Pexels


Secangkirkopibersama.com. Kumpulan kode yang berbentuk HTML atau JavaScrit yang biasa di pasang pada blog itu dinamakan Widget atau Gadget. Widget bisa juga di pasang pada suatu Halaman web. Dan biasanya orang memasang Widget itu pada Header, Sidebar dan Footer.

Widget sendiri merupakan salah satu Fasilitas milik Blogger yang bisa kita pergunakan untuk mempermudah dalam memakai HTML dan javascript. Sebenarnya penggunaan Web Widget ini sudah di mulai seemenjak era Word Wide Web. Saat itu penggunaan Widget sendiri awalnya hanya dipergunakan untuk memasang banner iklan saja.

 

Apa kegunaan Widget pada blog?

 

Widget sendiri selain bisa dipakai untuk memperindah halaman blog agar terlihat lebih menarik juga bisa dipakai untuk memasang Banner Iklan dan juga bisa memberkani kenyamanan pada pengunjung yang datang ke blog kita dengan tampilan-tampilannya yang lebih menarik.

 

Hanya saja, jika terlalu banyak memasang Widget di blog, hal ini juga kurang bagus sebab akan membuat membuat proses Loading Blog kita menjadi lambat. Jadi saya sarankan untuk memasang Widget di Blog yang sesuai dengan kebutuhan blog kita saja, agar proses loading blog kita tetap stabil.

 

Dan bagi kamu yang ingin memasang Widget tapi belum tau caranya, berikut ini adalah tutorial cara memasang / menambahkan Widget HTML/JavaScript pada blog.

Pertama. Silahkan login ke akun Google kamu dan langsung saja menuju  ke www.blogger.com

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog
www.blogger.com

 

Kedua. Setelah kamu berhasil login ke blogger, pilih menu Tata Letak atau Layout 

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog
Tata Letak

 

Ketiga. Setelah berada di tata letak, silahkan pilih dimana kamu ingin menempatkan kode tersebut. Dan setelah ketemu tempat yang cocok untuk kode tersebut, silahkan klik atau tambahkan Gadget/Add Gadgets.

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog
Gadget/Add

 

Keempat. Setelah muncul sebuah popup, jangan tutup terlebih dahulu tapi pilihlah HTML/Javascript yang ingin kamu tampilkan di blog kamu.

Kelima. Silahkan masukan kode HTML atau Javascript yang kamu punya ke dalam kolom Konten dan jika memang memerlukan judul, sebaiknya isi dan masukkan judulnya ke kolom Judul.

Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog
Masukan kode HTML atau Javascript

 

Keenam. Silahkan, klik tombol simpan.

Ketujuh. Silahkan lihat hasilnya pada blog. Jika kode HTML atau Javascript-nya sesuai, maka kamu akan menemukan perubahan pada tampilan blog-mu sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

 

Tidak rumit bukan? Cukup sampai disini saya mengulas tentang Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript pada Blog. Semoga bermanfaat. Dan jika artikel ini dirasa cukup bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di artikel ini dengan meng-klik reaksi kamu atau meninggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Selamat siang dan mari ngopi-ngopi agar tetap waras di musim pandemi seperti saat ini.

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

10 komentar untuk "Pengertian dan Cara Menambahkan Widget HTML/JavaScript Pada Blog"

  1. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan membaca dan meninggalkan jejak di tempat ini. hehehe..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Heheheh...Terima kasih sudah berkenan membaca dan meninggalkan jejak di tempat ini Om Budi..

      Hapus
  3. Walaupun saya nggak ngerti 😀😀, saya yakin ini bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... baiklah.. tapi saya anggap sudah mengerti..

      Hapus
  4. nicee . bagi template nya bang

    BalasHapus
  5. jangan terlalu bnyak juga widget pada blog karena itu akan mempengaruhi kecepatan blog. sangat bermnaat. jangn lupa berkunjung di blog. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terimakasih atas kunjungannya.
      Meluncur..

      Hapus