Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menunggu Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021

 

Barcelona menghadapi jalan terjal di babak 16 besar Liga Champions (Foto AP/Joan Monfort)

Undian babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 akan digelar di markas UEFA, Nyon, Senin (14/12) siang waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Berikut aturan main undian untuk babak knock-out Liga Champions tersebut.

Sebanyak 16 klub sudah memastikan lolos ke babak 16 besar yaitu dari grup A Bayern Munich dan Atletico Madrid. Grup B Real Madrid dan Borussia Monchengladbach. Grup C Manchester City dan FC Porto. Grup D Liverpool dan Atalanta.

Grup E Chelsea dan Sevilla. Grup F Dortmund dan Lazio. Grup G Juventus dan Barcelona. Grup H Paris Saint Germain dan RB Leipzig.

Menurut aturan yang dirilis oleh UEFA seperti dilansir situs mereka, bahwa ke-16 tim tersebut akan dibagi menjadi dua pot. Pot pertama adalah tim-tim sebagai juara grup sedangkan pot kedua adalah tim-tim runner up. Tim yang berada dalam satu pot tidak mungkin saling bertemu di babak ini.

Aturan undian dari dua pot tersebut harus memenuhi persyaratan yaitu pertama klub yang berasal dari fase grup yang sama tidak bisa bertemu di undian babak 16 besar. Kedua adalah klub dari negara yang sama tidak bisa bertemu di babak 16 besar ini.

Delapan Tim yang berada pada pot pertama yaitu Bayern, Real Madrid, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Dortmund, Juventus dan Paris Saint Germain.

Delapan tim pada pot kedua yaitu Atletico Madrid, Monchengladbach, FC Porto, Atalanta, Sevilla, Lazio, Barcelona dan Leipzig.

Ada tiga klub Inggris sebagai juara grup di pot satu. Mereka akan bertemu tim dipot dua yang bukan satu Negara dan satu grup.  Liverpool tidak akan bertemu dengan Atalanta tapi bisa bertemu dengan tim lainnya termasuk Barcelona. Demikian pula City dan Chelsea, mereka tidak akan bertemu masing-masing dengan Porto dan Sevilla.

Bayern tidak akan bertemu dengan dua klub Jerman lainnya di pot dua yaitu Leipzig dan Monchengladbach. Begitu pula dengan Dortmund. Mereka hanya akan terundi melawan klub lainnya termasuk lawan berat Barcelona.

Real Madrid sebagai juara grup B tidak akan bertemu klub satu Negara dipot dua, Barcelona, Sevilla dan Atletico. Juga tidak bertemu dengan Monchengladbach yang satu grup di babak penyisihan. Madrid hanya akan terundi melawan Leipzig, Lazio Atalanta dan Porto.

Mari kita tunggu undian babak 16 besar Liga Champions yang semakin menarik persaingan antara tim-tim yang bertanding. Salam bola.

@hensa   


3 komentar untuk "Menunggu Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021"