Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lionel Messi Berduka, Selamat Jalan Diego Maradona

 

Maradona dan Messi (Foto Getty Images) 

Legenda Argentina Diego Maradona telah meninggal pada usia 60 tahun. Maradona keluar dari rumah sakit dua minggu yang lalu setelah menjalani operasi otak.

Pemain hebat Argentina dan Napoli telah menjalani operasi rutin untuk hematoma subdural setelah dirawat di rumah sakit karena kekhawatiran akan anemia dan dehidrasi.

Berpulangnya Maradona resmi diumumkan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) pada hari Rabu (25/11/20).

"Asosiasi Sepak Bola Argentina, melalui Presidennya Claudio Tapia, mengungkapkan kesedihannya yang paling dalam atas kematian legenda kami, Diego Armando Maradona." AFA mentweet melalui Twitter.com/afa (25/11/20).

Dalam karirnya, Maradona berhasil mencapai puncaknya ketika meraih Piala Dunia pada tahun 1986 di Meksiko.

Diego Maradona diberi hormat oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai keajaiban dunia sepak bola yang "abadi" setelah kematiannya pada usia 60 tahun.

Messi, seorang superstar Argentina modern yang mengikuti jejak idolanya dengan membintangi Barcelona dan tim nasional, memposting foto dirinya dengan senyum berseri-seri bersama Maradona.

"Hari yang sangat menyedihkan untuk semua orang Argentina dan untuk sepak bola. Dia meninggalkan kami tetapi tidak pergi, karena Diego abadi.

"Saya menyimpan semua momen indah yang saya alami dengannya dan saya ingin mengambil kesempatan untuk menyampaikan belasungkawa kepada semua keluarga dan teman-temannya. RIP." Kata Messi di laman Instagram.com/leomessi (25/11/20).

Messi adalah salah satu pemain yang disebut 'New Maradona'. Di antara pemain-pemain lain yang mendapatkan julukan itu, sosok Messi bisa dibilang yang menyerupai Maradona.

Gol Messi ke gawang Getafe di 2007 diyakini identik dengan gol solo run Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986. Tak hanya itu, gaya dribble dan kecepatan Messi juga dianggap bisa menandingi Maradona.

Sang Legenda ini memiliki rekor catatan yang menakjubkan dalam karir sepakbolanya. Maradona adalah satu dari hanya tiga pemain yang menjadi kapten negaranya di dua final Piala Dunia yang berbeda, setelah melakukannya pada tahun 1990 serta turnamen 1986.

Penampilannya sendiri di ajang bergengsi Piala Dunia sebanyak empat Piala Dunia berturut-turut untuk Argentina antara usia 21 dan 33. Pertama mengikuti Piala Dunia pada tahun 1982 di Spanyol sebelum kemudian mewakili negaranya pada tahun 1986, 1990 dan 1994.

Maradona juga merupakan satu dari tiga pemain Argentina yang mencetak gol di tiga Piala Dunia terpisah (1982, 1986 dan 1994), bersama Messi (2006, 2014 dan 2018) dan Batistuta (1994, 1998, dan 2002).

Dia mengakhiri karirnya di Argentina dengan membuat 91 penampilan. Hampir satu dari empat caps itu terjadi selama Piala Dunia, di mana dia menikmati rekor kemenangan lebih dari 50 persen. Selamat jalan Diego Aramando Maradona.

@hensa 

1 komentar untuk "Lionel Messi Berduka, Selamat Jalan Diego Maradona"