Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 : Ekuador Tumbangkan Tuan Rumah Bolivia di Lapaz

Selebrasi Beder Caicedo bek Ekuador (Foto Conmebol.com) 

Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 untuk zona Amerika Latin memasuki mathchday 3 diawali dengan laga tuan rumah Bolivia melawan Ekuador di Stadion Hernando Siles, Lapaz, Jumat (13/11) pukul 03.00 WIB dini hari. 

Dalam laga tersebut, Ekuador kembali berhasil mengalahkan Bolivia dengan skor 3-2. Kemenangan ini juga mengangkat Ekuador ke peringkat 2 dalam klasemen sementara dengan 6 poin dari 3 laga. 

Ekuador hanya kalah dari Argentina dari 3 laga yang telah mereka jalani. Dua laga lainnya menang 4-2 atas Uruguay dan 3-2 atas Bolivia. Pada matchday 4 mereka akan menjamu Columbia di Stadion Rodrigo Paz, Rabu (18/11/20). 

Dalam sejarah pertemuannya dengan Bolivia, Ekuador hanya kalah satu kali dari 15 pertandingan terakhirnya dengan Bolivia yaitu kalah 2-3, di Copa América pada tahun 2015. 

Mereka sejauh ini telah meraih 12 kemenangan dan dua kali seri. Pada ajang Playoff Ekuador tidak pernah kalah sejak tahun 1997, yaitu 9 laga menang dan 2 laga berakhir draw. 

Penampilan Ekuador dalam kualifikasi ini yang mengejutkan adalah mengalahkan Uruguay. Mereka  berhasil mengalahkan Uruguay 4-2, menghentikan rekor tujuh kekalahan beruntun sebelumnya. 

Prestasi ini sangat mengesankan karena belum pernah meraih dua kemenangan berturut-turut di kompetisi ini sejak berhasil memenangi empat laga pertamanya menuju Rusia 2018. Pencapaian saat ini menduduki peringkat dua klasemen sementara di bawah Brasil adalah pencapaian terbaik mereka. 

Dalam laga tersebut Gol-gol Ekuador dihasilkan dari Beder Ceicedo, Angel Mena dan Carlos Gruezo. Pemain terakhir ini berhasil mencetak gol kemenangan melalui tendangan penalti, hanya dua menit sebelum laga berakhir. 

Tuan rumah Bolivia unggul 1-0 hingga turun minum berkat gol yang dicetak oleh Juan Calos Acre. Satu gol dibabak kedua dihasilkan oleh Marcelo Martins. 

Untuk edisi ketiga berturut-turut, Bolivia kalah dalam dua pertandingan kualifikasi pertamanya. Pada  dua laga sebelumnya, Bolivia berhasil menghindari kekalahan di laga ketiga yaitu menang 4-2 lawan  Venezuela saat itu untuk menuju Piala Dunia Rusia 2018 dan 1-1 lawan Argentina saat menuju Piala Dunia Brasil 2014).

Bolivia sejauh ini adalah tim yang kebobolan gol terbanyak dalam dua hari pertandingan pertama yaitu 7 gol dan mencetak satu gol. Saat ini mereka berada di dasar klasemen dengan tiga kali kekalahan beruntun yaitu dari Brasil, Argentina dan Ekuador. 

Ekuador lebih menguasai permainan dengan garis pertahanan yang solid dan skema permainan yang lebih terorganisir. Mereka benar-benar melakukan permainan ofensif. Bolivia sendiri tidak bisa mengembangkan permainan sejak unggul 1-0 dibabak pertama itu. Mereka hanya mampu menambah satu gol. 

Dengan hasil ini, Ekuador menambah 3 poin menjadi 6 poin bersama Brasil, Argentina, yang belum memainkan laga mereka yang ke-3. Dalam laga selanjutnya, Ekuador akan menjamu tim Kolombia. Laga ini adalah laga penting bagi Ekuador untuk dimenangkan. 

Selamat untuk Ekuador dengan performa yang baik ini, mereka layak berada dalam 4 besar kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Salam bola @hensa 


7 komentar untuk "Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 : Ekuador Tumbangkan Tuan Rumah Bolivia di Lapaz"

  1. Selamat pagi dan salam olahraga pak Hensa☺️☕

    BalasHapus
  2. Mantab ini Equador, pak Hensa

    Salam 🙏 sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekuador kuda hitam yg harus diwaspadai..salam bola Mas Katedra.

      Hapus
  3. jadi Piala dunia berikutnya diselenggarakan di Qatar yahh.. masih lama kali 2022..

    tapi cukup seru melihat persaingan tiap negara demi meraih tiket, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Qatar 2022. Kualifikasinya sdh dari sekarang...

      Hapus
  4. Selalu keren ulasan sportnya pak Hensa.

    BalasHapus

Berlangganan via Email