Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carlo Ancelotti Bawa Kembali Everton ke Jalur Kemenangan

 

Calvert-Lewin (Foto Getty Images) 

Pasukan Biru dari Merseyside, Everton akhirnya kembali ke jalur kemenangan lagi sejak mereka mengalahkan Brighton pada 3 Oktober 2020 lalu. Mereka menang 3-2 atas tuan rumah Fulham di Craven Cottage, London, Minggu (22/11/20) pukul 19.00 WIB.

Laga baru berjalan satu menit, striker Everton, Dominic Calvert-Lewin berhasil mencetak gol pertama. Hanya berselang 28 menit kemudian gol kedua Everton juga lahir dari kakinya. Abdoulaye Doucoure di menit ke-35 menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 untuk Everton.

Tim tuan rumah menciptakan beberapa peluang dalam 45 menit pertama ini. Satu-satunya peluang emas Fulham datang ketika Bobby Decordova-Reid hampir saja menyamakan kedudukan. Skor tetap 3-0 hingga turun minum.

Everton yang bermain dengan pertahanan tiga orang dan bek sayap Alex Iwobi dan Lucas Digne sangat baik dalam menyerang maupun bertahan dengan kokoh.

Pada laga ini Carlo Ancelotti membuat kejutan dengan pertahanan tiga orangnya dan sistem bekerja seperti yang dibayangkan manajer ketika menyusun rencana.

Alex Iwobi yang bertugas di bek sayap kanan menunjukkan kinerja sangat memuaskan. Mantan pemain Arsenal itu juga hebat menciptakan peluang bagi rekan penyerang di area penalty lawan.

Iwobi menikmati lebar dan ruang di kiri Fulham, memaksa bek kiri Fulham, Antonee Robinson tidak bisa meninggalkan posisinya. Iwobi juga aktif melayani suksesi umpan silang.

Ini adalah kesempatan langka bagi Iwobi karena sudah kedua kalinya dia menjadi starter di Liga Premier musim ini. Dia menanggapinya dengan penampilan yang impresif.

Pikiran pertama Iwobi dalam penguasaan bola adalah mencari Dominic Calvert-Lewin. Memberikan asis dengan baik ke kaki striker dari area dalam atau umpan silang dari sayap.

Pada babak kedua, Fulham terus menyerang untuk mengejar deficit gol mereka. Ancelotti menanggapi perubahan Fulham yang membuat Ruben Loftus-Cheek masuk dan memenangkan penalty. Hadiah Penalti diakibatkan oleh Ben Godfrey (Everton) setelah sebuah pelanggaran di area penalti. Kemudian Ivan Cavaleiro juga mencetak gol dengan 20 menit tersisa.

Everton bertahan cukup baik untuk mencegah Jordan Pickford dari perlu melakukan penyelamatan yang berarti di periode penutupan itu dan meraih kemenangan liga kemenangan pertama sejak mengalahkan Brighton & Hove Albion pada 3 Oktober.

Everton kalah dalam penguasaan bola terutama pada babak kedua mereka lebih sibuk mempertahankan kemenangan. Untung saja hanya dua gol yang tercipta oleh tuan rumah Fulham.

Rupanya masih banyak pekerjaan dari Don Carlo untuk membenahi pertahanan Everton agar lebih fokus dan tenang. Dua gol Fulham sesungguhnya tidak perlu terjadi jika lini belakng mereka fokus.

Selamat untuk The Toffees Everton atas kemenangan ini. Dengan tambahan 3 poin, Everton kini naik ke peringkat 6 dengan 16 poin.

@hensa


Posting Komentar untuk "Carlo Ancelotti Bawa Kembali Everton ke Jalur Kemenangan"

Berlangganan via Email