Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Anda Percaya Tentang Mitos Friday the 13th?


Foto oleh cottonbro dari Pexels



Siapa yang belum pernah menonton Film Friday the 13th yang dirilis tahun 1980 lalu? Jika belum pernah, berarti Anda termasuk kurang ngopi hehehe.., Tahukah Anda, bahwa Film tersebut adalah salah satu film yang turut andil di dalam mempopulerkan mitos tentang Friday the 13th tersebut.

Sebagian Orang Barat mungkin sampai saat ini masih percaya, bahwa hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 di dalam sebuah bulan itu identik dengan kesialan. Sebab mitos tentang Friday the 13th itu cukup populer di sana.

Taukah Anda? Bahwa hari Jumat, 13 November 2020 ini adalah yang kedua kalinya terjadi di tahun 2020 ini? Padahal biasanya, Friday the 13th itu terjadi hanya satu kali dalam setahunnya.

Tahukah Anda? Bahwa sebelum angka 13 itu ada banyak hal baik yang diasosiasikan pada angka 12. Di dalam kultur Orang Barat itu sendiri misalnya, ada perayaan Dua Belas Hari Natal, 12 bulan dan tanda zodiak, hingga 12 suku Israel.

David Reed, Profesor Bidang Agama Universitas Toronto, seperti dikutip dari CBC News, mengatakan, "(Angka tersebut) mendarah daging dalam peradaban Barat, terutama melalui Eropa ketika agama Kristen menyebar dari Mediterania ke Eropa dan ke Barat. Seluruh budaya kita dipengaruhi oleh kerangka acuan agama itu,"

Dan sangat aneh sebenarnya jika pada akhirnya asosiasi itu tidak berlaku pada hitungan setelahnya. Sebab angka 13 sendiri justru dianggap punya sejarah kelam, termasuk hari Jumat yang menyertainya.

Tapi kenapa hal itu bisa terjadi? Usut punya usut ternyata ada cerita di balik mitos tentang Friday the 13th ini. Seorang Antropolog University at Buffalo, Phillips Stevens Jr., mengatakan bahwa ketakutan Orang-orang Barat terhadap hari Jumat dan angka 13 itu sendiri dimulai dari Abad Pertengahan yang lalu, tepatnya setelah peristiwa Perjamuan Terakhir antara Yesus dan murid-muridnya.

Di ceritakan bahwa pada saat itu ada 13 orang di meja dan yang Orang yang ke-13 itu adalah Yesus sendiri. Di hari Kamis itu mereka makan bersama dan kemudian pada esok harinya Yesus di Salib.

Ada banyak cerita yang mewarnai tentang hari Jumat dan angka 13 ini, salah satu cerita paling melegenda adalah  cerita yang mewarnai Perang Salib. Di kisahkan bahwa hari dan tanggal tersebut, para Ksatria Templar yang bertempur di Perang Salib tertangkap dan saat itu dihukum mati.

Sampai kini ternyata masih banyak Orang Barat yang percaya dengan mitos bahwa duduk dengan 13 orang di meja itu adalah hal yang tabu. Selain itu adalagi mitos tentang  angka 13 ini, salah satunya adalah dengan tidak memunculkan angka 13 di gedung-gedung pencakar langit di bangunan-bangunan milik mereka. Padahal menurut Stevens, hal-hal yang  dianggap tabu itu awal mulanya muncul dari agama Kristen, tetapi pada perkembangannya malah menyebar ke budaya Barat lainnya secara umum.

Tetapi terlepas dari benar tidaknya akan mitos yang menyertai tentang Friday the 13th  tersebut, memang ada hal-hal yang dianggap fakta, bahwa memang ada beberapa insiden yang dianggap buruk dan itu bertepatan dengan Friday the 13th. Salah satu contohnya adalah kasus kematian rapper Tupac Shakur yang terjadi pada hari Jumat, tepatnya pada tanggal13 September 1996 dan hingga kini kasus ini masih menjadi misteri.

Dan mungkin masih banyak hal-hal yang terjadi di tanggal 13 yang bertepatan di hari Jumat, yang akhirnya membuat beberapa orang akhirnya menjadi percaya tentang angka dan hari yang dianggap keramat ini. 

Lalu bagaimana Anda? Apakah Anda juga memiliki pengalaman yang membuat Anda juga akhirnya mempercayai bahwa Friday the 13th itu adalah benar-benar hari dan tanggal keramat? Jika iya, silahkan tulis komentar Anda dibawah artikel ini.

 

Bahan Bacaan : 1, 2

 


 

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

5 komentar untuk "Apakah Anda Percaya Tentang Mitos Friday the 13th?"

  1. Kasih tau ga tasya?😁😀

    BalasHapus
  2. Mertua cowokku lahir Friday the13th.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus gimana? Disana angka itu memang dianggap keramat kah?☺️😂🙏

      Hapus

Berlangganan via Email