Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reaksi Ronald Koeman Usai Barcelona Kalah dari Real Madrid di Laga El Clasico

 

Lionel Messi (Foto Skysports.com)

Madridista saat ini tengah berbunga-bunga karena tim kesayangan mereka, Los Blancos berhasil memenangkan laga El Clasico. Lebih istimewa lagi mereka memenangkan laga ini di kandang Blaugrana, Camp Nou.

Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman masih dalam pembenahan skuad mereka terutama fokus melakukan regenerasi pemain. Banyak para talenta muda yang ditampilkan oleh pelatih asal Belanda ini seperti Ansu Fati.

Bagi sebagian penggemar Barcelona, kekalahan dari El Real dianggap wajar mengingat skuad mereka masih sedanga mengalami transisi. Namun sebagian besar para penggemar fanatic tidak mau tahu dengan kekalahan dalam laga El Calsico.

Apalagi gol kemenangan yang dicetak oleh Sergio Ramos hasil dari titik putih. Barcelona mengeluh tentang keputusan wasit Martรญnez Munuera yang memberi sinyal penalti untuk diambil oleh Madrid. Pelanggaran Lenglet kepada Ramos di area penalty Barcelona masih bisa diperdebatkan. Namun VAR memberikan keputusan lain bagi wasit.

Saat laga baru berjalan 5 menit, Madrid unggul cepat 1-0. Umpan terobosan Karim Benzema diselesaikan Federico Valverde dengan tendangan keras ke pojok kanan gawang Neto.

Barcelona menyamakan kedudukan 3 menit kemudian. Umpan matang Jordi Alba dengan tenang disontek Ansu Fati dari jarak dekat untuk membuat skor jadi 1-1.

Seusai laga, Koeman mengungkapkan kekesalannya. Mantan pelatih timnas Belanda itu menilai Blaugrana dirugikan oleh keputusan wasit soal Video Assistant Referee (VAR) yang berujung gol Ramos dari titik putih.

"Saya tidak paham dengan keputusan wasit, VAR hanya muncul untuk melawan Barcelona," keluh Koeman kepada Barca TV seperti dilansir Sport.es (25/10/20)

Kemudian, di depan kamera, Koeman membuat refleksi tentang subjek tersebut. “Mudah-mudahan suatu hari saya bisa menjelaskan masalah VAR di sini di Spanyol. Itu belum masuk dengan Sevilla dan Getafe, dan ini telah menjadi pertanyaan saya kepada wasit,” kata Koeman seperti dilansir situs tersebut.

Berbicara tentang VAR hampir disebagian laga yang membuat kekalahan, semua pelatih selalu menunjukkan ketidak puasannya. Hanya yang disesalkan setelah gol penalty Ramos tersebut Koeman melakukan pergantian pemain yang membabi buta.

Dalam keadaan tertinggal 1-2, Koeman menarik keluar tiga pemain sekaligus yakni Ansu Fati, Sergio Busquets, dan Pedri. Ketiga pemain ini digantikan Antoine Griezmann, Trincao, dan Ousmane Dembele.

Namun pemain-pemain baru tersebut tidak memberikan arti dalam upaya menyamakan kedudukan. Lionel Messipun seakan buntu untuk membuat skuadnya berhasil membobol gawang Madrid.

Koeman merasa tidak puas, kemudian dia juga memasukkan seorang penyerang yaitu  Martin Braithwaite menggantikan bek sayap kiri Jordi Alba. Keputusannya ini membuat lini belakang hilang keseimbangan. Apalagi sebelum menarik keluar Alba, Koeman juga sudah menarik keluar Busquets sebagai gelandang bertahan.

Lengkap sudah keseimbangan permainan skuad Blaugrana goyah. Wajar saja jika Madrid semakin mampu mengenadalikan permaianan. Hasilnya Real Madrid bisa mencetak gol tambahan melalui pemain pengganti Luka Modric pada menit ke-90.

Barcelona harus tunduk 1-3 dari tamu mereka Real Madrid. Ini adalah catatan sangat serius bagi Ronald Koeman dalam duel El Clasico pertamanya melawan Los Blancos.

Mungkin jauh lebih bijak bagi Ronald Koeman untuk tidak perlu menyalahkan Wasit dan VAR. Sebaiknya Tuan Koeman ini fokus saja melakukan pembenahan pemain-pemain muda Barcelona agar mereka mempunyai nyali sebagai mental juara.

Faktanya saat ini VAR sudah resmi digunakan sebagai salah satu instrument dalam sebuah pertandingan. Hal itu tidak mungkin bisa dielakkan dan dijadikan kambing hitam. Bagaimana Tuan Koeman?


11 komentar untuk "Reaksi Ronald Koeman Usai Barcelona Kalah dari Real Madrid di Laga El Clasico "

  1. Terima kasih untuk artikelnya Pak.. selamat datang di SKB☺️๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Warkasa. Saya telah diundang menjadi kontrobutor..

      Hapus
    2. Waah saya malah yang harusnya berterima kasih, karena Pak Hensa besedia ikut ngopi-ngopi bareng dengan kita di SKB☺️๐Ÿ™

      Hapus
  2. Wah. Ada pak Hensa. Halo Pak. Ada temen aku nulis Inter. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Ozzy...kita nulis bola di sini ya hehe...

      Hapus
  3. Selamat datang pak Hensa๐Ÿ™

    BalasHapus
  4. Menyapa Pak Hensa. Terima kasih sudah memeriahkan SKB, Pak Hensa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Yana kita ketemu di sini rupanya....Salam sehat selalu.

      Hapus
  5. mantap pak hensa๐Ÿ‘๐Ÿ™

    BalasHapus

Berlangganan via Email