Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Berkarya


Melakukan aktivitas rutin  kadang membuat kita jenuh , suntuk dan kesal. Saat kita llanjutkan pekerjaan dengan kondisi seperti ini maka hasil yang kita kerjakan tidak akan maksimal . 

Refreshing , itu yang harus dilakukan , namun kondisi harus di rumah saja,  saya selalu melakukan aktivitas yang mebuat hati saya senang , saya salurkan hobi saya. Saat saya cari buku –buku ibu saya, wah banyak sekali buku ketrampilan dengan berbagai macam versi , buku pola jahit, buku cerita jawa, buku tanaman hias, buku obat-obatan dan masih banyak buku lainnya .

Padahal ibu dulu tidak melanjutkan Sekolah Dasar , namun beliau memiliki keinginan untuk terus belajar. Saat saya masih kecil beliau sudah berlangganan majalah femina . Kalau saya ajak jalan , beliau pasti minta ke Gramedia . Salah satu buku yang menarik saya yaitu buku “ Pola Hias Sunbonet Sue”  Gadis Kecil Bertopi Lebar by Stephanie R.S Tjahjadi .

Karena di rumah juga banyak bahan perca bekas yang sudah tidak di gunakan , saya berpikir untuk memanfaatkan barang bekar agar bisa di pakai . Kemarin , alhamdulilah sudah jadi dua karya , meski tusuk festone saya belum rapih, tidak jadi masalah . Untuk membuat sesuatu itu perlu proses, kesabaran, ketelitian …mari sahabat kita terus berkarya , meski dirumah saja tetap menghasilkan karya ..Mohon maaf kalau hasil karya saya tidak berkenan !  Manfaatkan barang limbah menjadi sesuatu yang bernilai, :  membuat tutup printer dari sisa bahan ( patchwork ari menyusun dab menggabungkan kain perca aneka warna ) dan yang kedua Sunbonet Sue, adalah seorang gadis kecil bertopi lebar  banyak jumlahnya di ciptakan oleh Bertha Corbett seorang illustrator buku anak-anak Di amerika pada awal tahun 1900 an.

Bahan yang dipersiapkan : Bahan bekas perca, kebetulan ada sisa karung goni, pita , renda seadanya , jarum , benang, gunting , lem .

Cara Membuatnya : print pola , jiplak bahan perca , bahan perca yang sudah di gunting di beri kain kapas lem tipis , lalu di setrika hingga menempel. Sebelumnya kain karung sudah di jiplak dengan pola, sehingga kita terapkan guntingan-guntingan pola diatas dasar kasrung. Beri lem tembak agar kita mudah menjahitnya, Lalu jahit dengan tusuk festone….tralala…karya sudah jadi. Tinggal pigura, kalau saya ingin di pasang di PAUD . Semoga bermanfaat ya sahabat . 

Salam Literasi, Salam Berkarya 

Cirebon , 25 Oktober 2020

dokpri

dokpri

3 komentar untuk "Mari Berkarya "