Header Atas - Panjang

Cemburu Tanda Ingin Menguasai, Sayang!

Cemburu bukan tanda kau menyayangi pujaan hati. Tapi karena kau ingin menguasainya seorang diri.

Bilamana seorang gadis menjalin hubungan dengan pria lalu pria itu ternyata “pdkt” lagi dengan perempuan lain, Apakah si gadis tidak terbakar hatinya karena cemburu? Hampir dapat dipastikan dia panas tersengat cemburu.

Si gadis merasa, “Kau kekasihku, kenapa masih menggoda perempuan lain?!”

Sementara si pria berdalih, “Aku hanya ingin mencari yang terbaik untuk kujadikan pendamping seumur hidup.”

Akal bulus.

quickanddirtytips.com

Di lain hal, yang dirasakan si gadis mirip dengan para istri yang tak sudi dipoligami karena artinya mereka harus berbagi. Istri berbagi suami dan suami membagi hati. Tidak ada orang yang mau membagi apa yang dimilikinya dengan orang lain kecuali orang yang punya keikhlasan, semisal bersedekah atau berinfak dengan nama Allah.

Para istri yang bersedia dipoligami biasanya punya keihklasan tinggi disertai keyakinan bahwa semua yang ada di dunia adalah milik Allah, termasuk suaminya. Maka dia rela membagi “miliknya” dengan perempuan lain.

Cemburu dikatakan sebagai tanda ingin menguasai karena begitu seseorang cemburu dia lantas akan membatasi gerak, mengekang aktivitas, dan melarang kekasih, istri, suami, teman, atau sahabatnya untuk sesedikit mungkin berinteraksi dengan orang di luar lingkar pertemanan mereka.

Pun sama dengan seorang ibu yang cemburu si anak dekat dengan nenek atau pengasuhnya. Itu karena si ibu terusik merasa "miliknya" hendak diambil orang.

Cemburu itu bukan tanda sayang. Tanda sayang ialah bagaimana kita mendukung orang yang kita kasihi untuk mencapai prestasi, hasrat, keinginan, dan cita-cita terbaiknya.

Yang memperkuat hubungan antara pria dan wanita selain rasa sayang dan cinta adalah komitmen. Komitmen adalah perjanjian tidak tertulis yang disepakati pasangan untuk menuju hasil yang diinginkan bersama.

Komitmen menuju pernikahan, komitmen membentuk anak-anak yang salih, komitmen masuk surga bersama, atau komitmen lain yang tidak memicu salah satu pihak jadi cemburu.

Cemburu adalah rasa yang muncul karena kepemilikan kita terusik bukan karena rasa sayang kita kepada si dia.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Mantap jiwa 👍👍

    BalasHapus
  2. Cemburu adalah rasa yang muncul karena kepemilikan kita terusik bukan karena rasa sayang kita kepada si dia.

    Waah gitu ternyata ya🙄😂🙏

    BalasHapus
  3. Oh..gitu ya..maklumlah saya masih lugu. 😬

    BalasHapus
  4. Wah begitu yaa Bu Yana 😅, baper bacanya hehe

    BalasHapus