Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alasan Anda Sangat Merindukan Masa Kecil Anda

Banyak orang bergumul dengan beban menjadi orang dewasa. Ada banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang membosankan yang dibutuhkan untuk memiliki masa kini yang layak dan masa depan yang lebih baik.

Tidak semua orang beradaptasi dengan perubahan itu dengan baik.

Beberapa orang menjadi dewasa tanpa pengetahuan yang nyata tentang bagaimana berfungsi sebagai orang dewasa. Orang tua mereka mungkin terlalu permisif dan tidak mengajari mereka tentang ekspektasi dunia orang dewasa terhadap seseorang.

Tetap saja, orang lain merindukan masa kecil bahagia yang tidak pernah mereka miliki. Pengalaman traumatis bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Beberapa tumbuh di rumah yang tidak sehat dengan orang tua bermasalah yang tidak dapat menyayangi mereka sebagaimana layaknya.

Tidak peduli apapun alasannya, seseorang tidak dapat menghabiskan waktunya untuk merindukan masa lalu yang tidak ada lagi dan tidak akan ada lagi. Melakukan hal itu merampas potensi Anda untuk menemukan kegembiraan saat ini.

Kedamaian dan kebahagiaan adalah hal-hal yang harus Anda ciptakan untuk diri Anda sendiri, dan Anda tidak dapat melakukannya saat hidup di masa lalu.

Bagaimana Anda berhenti merindukan masa kecil Anda? Mari kita lihat delapan alasan Anda merindukan masa kecil Anda dan bagaimana Anda dapat memupuk lebih banyak kebahagiaan saat ini.

1. Kedewasaan terasa luar biasa dan membingungkan.

Hidup sebagai orang dewasa bisa sangat melelahkan dan membingungkan karena ada begitu banyak hal di dunia ini yang harus Anda pikirkan sendiri.

Apakah orang tuamu mengajarimu cara membayar pajak? Ganti ban mobil atau periksa oli Anda? Buat janji dengan dokter untuk Anda sendiri? Anggaran keuangan Anda? Memasak hidangan? Melamar pekerjaan? Belanja bahan makanan?

Bahkan jika orang tua Anda hebat, akan ada celah dalam pengetahuan Anda yang harus Anda isi sendiri. Tidak perlu menyangkal fakta bahwa beberapa pelajaran hidup harus Anda pelajari dengan cara yang sulit.

Kabar baiknya adalah Anda memiliki akses ke internet! Jika Anda memiliki pertanyaan, orang lain kemungkinan besar telah menjawab pertanyaan tersebut di suatu tempat di internet.

Saat Anda merasa tersesat atau kewalahan, coba telusuri teks pertanyaan Anda di YouTube atau mesin telusur pilihan Anda. Kemungkinannya cukup bagus sehingga Anda setidaknya akan menemukan beberapa informasi tentang dari mana harus memulai, meskipun Anda tidak menemukan jawaban yang tepat yang Anda cari.

2. Hubungan orang dewasa lebih sulit daripada hubungan anak.

Hubungan anak-anak umumnya tidak semanis hubungan orang dewasa. Tentu, penindasan terjadi, saudara kandung bisa menjadi kejam, dan orang tua bisa menjadi tidak sehat dan merusak.

Tetapi jika Anda telah diberkati dengan pengasuhan yang relatif damai dan bahagia, Anda mungkin tidak menghabiskan banyak waktu dalam konflik dengan orang lain.

Persahabatan masa kecil bisa sesederhana, "Oh, lihat! Seorang teman baru!" Dan pergilah bermain. Mereka tidak selalu melihat semua kualifikasi dan divisi yang telah tertanam dalam masyarakat.

Selain itu, hubungan orang dewasa bisa sulit dipertahankan ketika keluarga, pekerjaan, dan kesengsaraan hidup harus ditangani. 

Terkadang, Anda tidak punya waktu untuk membina hubungan dewasa Anda dan menjaganya tetap sehat. Anda tidak dapat selalu meninggalkan semuanya untuk berkumpul dengan teman karena anak-anak perlu diberi makan, dan Anda harus bekerja di pagi hari.

Ini sulit dinavigasi karena membutuhkan usaha dari teman juga. Sederhananya, setiap orang hanya perlu meluangkan waktu untuk menjaga hubungan tetap sehat.

Jadwalkan malam permainan sekali atau dua kali sebulan. Sering-seringlah makan siang dengan teman. Cari teman baru dengan mencari hobi baru atau kelompok sosial.

Semakin sehat Anda menjaga hubungan dewasa Anda, semakin sedikit Anda akan merindukan hubungan masa kecil Anda.

3. Masa kanak-kanak lebih baik daripada masa dewasa.

Kedewasaan mungkin berdampak buruk bagi Anda saat ini, dan Anda perlu mengambil langkah untuk mengubahnya. Upah mandek, ekspektasi tidak masuk akal, pemilik tidak akan memperbaiki soket listrik yang tidak berfungsi.

Hidup saja itu mahal, terutama jika Anda tinggal di negara atau daerah dengan biaya tinggi, atau Anda tidak tahu bagaimana membuat uang Anda bekerja untuk Anda dengan baik.

Menjadi orang dewasa bisa sangat melelahkan karena Anda harus membuat semua keputusan sendiri. Anda mungkin merindukan masa kecil Anda di mana Anda tidak perlu membuat begitu banyak keputusan yang berat.

Memang, uang tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi uang pasti memberikan pengaruh untuk membuka pintu itu. Agak sulit untuk merasa bahagia saat perut Anda keroncongan, dan Anda tidak senang jika Anda harus membayar sewa atau nota mobil.

Cari cara untuk meningkatkan posisi Anda. Cari tahu tentang pekerjaan lokal dan peluang pelatihan melalui kantor layanan sosial. Cari tahu tentang pendidikan tinggi. Cari tahu apa yang diperlukan untuk memajukan pekerjaan Anda saat ini ke posisi yang bayarannya lebih baik.

Memang menyebalkan bahwa uang itu sangat penting dan tampaknya sangat sulit didapat, tetapi semakin cepat Anda mulai menyerang masalah itu, semakin cepat Anda bisa mengendalikannya.

4. Anda mungkin tidak memiliki kesempatan nyata untuk mengalami masa kanak-kanak.

Dunia ini tempat yang sulit, dan anak-anak tidak kebal terhadapnya. Beberapa orang tua bermaksud baik tetapi tidak berhasil dalam membesarkan anak-anak mereka. Dan kemudian beberapa orang tua tidak bermaksud baik dan melakukan hal-hal burukterhadap anak-anak mereka.

Beberapa orang merindukan masa kecil yang polos yang tidak pernah mereka alami.

Masalahnya adalah itu adalah tujuan yang tidak masuk akal dan tidak dapat dicapai. Itu bahkan dapat menjelajah ke arena lamunan maladaptif, di mana seseorang menghabiskan begitu banyak waktu di dunia fantasi yang ia ciptakan dalam pikirannya sehingga saat ini menderita.

Waktu yang dihabiskan untuk memikirkan hal-hal yang tidak dapat dicapai adalah waktu yang dapat dihabiskan untuk mengembangkan keterampilan baru, mencari kontak sosial baru, dan umumnya bekerja untuk masa depan yang lebih baik.

Pada titik tertentu, Anda harus menerima bahwa hidup tidak memberikan yang terbaik untuk Anda selama masa kecil Anda. Dan Anda hanya perlu menemukan cara untuk memainkan tangan yang saat ini Anda pegang dengan cara yang masuk akal untuk hidup Anda.

5. Anda telah terlepas dari rasa ingin tahu dan ingin tahu Anda.

Sebagai seorang anak, dunia adalah tempat yang besar dan memesona. Selalu ada sesuatu untuk dijelajahi, sesuatu untuk dipelajari, sesuatu yang baru untuk dilihat.

Tetapi setelah Anda mengalami kesibukan sebagai orang dewasa untuk sementara waktu, kehidupan bisa benar-benar mulai kehilangan kilau.

Rasa ingin tahu itu bisa berkurang saat Anda belajar lebih banyak. Tidak hanya keakraban, tetapi juga berurusan dengan kekecewaan setelah Anda mulai melihat beberapa kebenaran buruk di balik berbagai hal.

Jatuh cinta dengan kehidupan saat ini lebih mudah jika Anda dapat terhubung kembali dengan rasa ingin tahu dan ingin tahu Anda. Ada beberapa cara berbeda untuk melakukannya.

Ikuti beberapa kelas atau kursus tentang subjek yang menarik bagi Anda, tetapi Anda tidak terbiasa. Selami subjeknya secara mendalam dan cari semua nuansa dan detail menarik yang benar-benar membuat subjek itu seperti apa adanya.

Kenali kembali diri Anda dengan alam. Alam luar biasa ketika Anda duduk untuk mempertimbangkannya. Temukan untuk diri Anda sepetak alam, duduklah, dan nikmati semuanya.

Pertimbangkan hewan-hewan yang bergerak, tumbuhan yang dapat Anda lihat, angin sepoi-sepoi yang dapat Anda rasakan, cara matahari menerangi segalanya. Pertimbangkan bagaimana semuanya berinteraksi. Pertimbangkan tempat Anda di dunia dan alam semesta.

Gunakan ini sebagai bentuk meditasi untuk menarik pikiran Anda dari hambatan dan tanggung jawab hidup ke saat ini, di mana Anda berada, apa yang Anda alami.

Biarkan diri Anda bertanya-tanya tentang pertanyaan yang tidak dapat Anda jawab - lalu cari jawabannya nanti.

6. Anda terlalu banyak bekerja dan kurang dihargai.

Kerinduan akan masa kanak-kanak adalah jenis mekanisme koping maladaptif yang disebut pelarian. Penyebab penting mencari pelarian adalah stres yang luar biasa dan perasaan tidak dihargai.

Jadi, koneksi yang tepat untuk dilakukan adalah mencari cara untuk mengurangi beban kerja dan meningkatkan apresiasi.

Itu bisa berarti beberapa hal berbeda.

Apakah itu pekerjaan atau atasan Anda? Mungkin inilah saatnya untuk mulai mencari peluang lain atau perubahan karier jika Anda tidak menyukai perasaan Anda atas pekerjaan Anda.

Apakah itu pertemananmu? Mungkin Anda melakukan terlalu banyak kerja emosional untuk orang-orang yang tidak membalas budi itu dan memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan. Anda mungkin perlu menggambar beberapa batasan yang lebih sehat untuk memastikan Anda tidak diperhatikan.

Apakah itu hubungan Anda? Apakah Anda dan pasangan melakukan upaya yang benar untuk menjaga hubungan Anda bahagia dan sehat? Apakah Anda menghabiskan waktu berkualitas bersama? Apakah Anda membagi tanggung jawab hidup dengan cara yang masuk akal bagi Anda?

7. Anda belum belajar untuk mengembangkan dan menumbuhkan hubungan Anda.

Anda mungkin kehilangan kenangan masa kecil Anda karena Anda belum belajar bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan hubungan Anda saat Anda maju melalui kehidupan.

Sebagai seorang anak, Anda memiliki hubungan yang bergantung dengan orang tua Anda, yang seharusnya mencintai, melindungi, dan melindungi Anda dari bahaya.

Tetapi saat Anda tumbuh dewasa, sifat hubungan itu dengan orang tua dan kerabat Anda berubah. Anda menjadi remaja dan mulai ingin melebarkan sayap Anda di dunia. Anda sedang berjuang untuk lebih mandiri dan mencoba mencari tahu orang seperti apa Anda.

Itu berlanjut hingga remaja Anda dengan bonus tambahan pubertas, waktu yang damai dan nyaman untuk semua. Dan akhirnya menjadi dewasa, di mana Anda dimasukkan ke dalam peran dan tanggung jawab orang dewasa lainnya di ruangan itu.

Setiap transisi dalam hidup mengubah cara Anda berhubungan dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Anda tidak akan memiliki hubungan yang Anda miliki sebagai seorang anak dengan orang tua Anda seperti yang Anda miliki saat dewasa.

Itu tumbuh dan berubah, dan Anda harus berkembang dengannya. Akhirnya, orang tua Anda mungkin akan mengandalkan Anda untuk membantu merawat mereka seiring bertambahnya usia dan menghadapi tantangan penuaan.

Kerjakan dan kembangkan hubungan itu. Belajar dan cobalah untuk melihat anggota keluarga Anda sebagai manusia, bukan hanya sebagai ibu dan ayah, bibi dan paman, nenek dan kakek, atau saudara kandung.

Tetap antusias dan temukan cara untuk terhubung dengan mereka dengan cara yang masuk akal sekarang, saat ini.

8. Anda memiliki pengalaman traumatis atau masalah kesehatan mental yang belum ditangani.

Pengalaman traumatis tidak hilang begitu saja menjadi uap. Semua pengalaman traumatis melekat pada Anda, dan itu dapat berdampak besar pada cara Anda berinteraksi dengan dunia.

Orang yang berasal dari masa kanak-kanak traumatis mungkin menghabiskan waktu mereka dengan merindukan dan berfantasi akan masa kecil yang tidak mereka miliki karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk memproses dan menyembuhkan.

Ini juga bisa menjadi bentuk pelarian untuk menjauh dari hadiah bermasalah yang disebabkan oleh perjuangan hidup atau kesehatan mental seseorang.

Tidak ada solusi yang mudah untuk itu. Mengatasi dan menyembuhkan masalah tersebut adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan dengan ahli kesehatan mental bersertifikat. Banyak pilihan perawatan trauma yang efektif dapat membantu Anda memproses rasa sakit Anda dan menciptakan kedamaian dan kebahagiaan Anda sekarang, di masa kini.

Jangan biarkan hidup Anda melewati Anda dengan hidup di masa lalu. Jika Anda mengalami kesulitan saat ini, carilah dukungan profesional yang dapat membantu Anda menemukan akar masalahnya, menyembuhkannya, dan mengembangkan kebiasaan yang lebih baik.

***

Solo, Minggu, 25 Oktober 2020. 4:23 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

ilustr: Quora

Suko Waspodo
Suko Waspodo Dosen, Leadership Trainer, Penikmat Seni, Pemerhati Kehidupan

7 komentar untuk "8 Alasan Anda Sangat Merindukan Masa Kecil Anda"

Berlangganan via Email