Header Atas - Panjang

Apakah Kamu Sedang Cemburu?

 

Ilustrasi gambar. Dokumen pribadi Warkasa1919


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) cemburu berasal dari kata cem·bu·ru yang artinya kurang lebih adalah merasa tidak suka melihat orang lain bahagia. Rasa cemburu pada umumnya hampir ada di setiap diri manusia dan itu adalah perasaan yang alami.

Perasaan cemburu bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga bisa di alami oleh Anak-anak dan Remaja. Kebanyakan orang mengaitkan rasa cemburu hanya dengan hal-hal yang berhubungan dengan percintaan semata, padahal sebenarnya rasa cemburu ini bisa muncul karena latar kehidupan, termasuk di dalamnya adalah pertemanan biasa hingga ke ranah pekerjaan.

Rasa cemburu merupakan perasaan yang hampir di miliki oleh semua orang dan begitu kompleks. Terkadang, orang yang merasakan cemburu malah menjadi bingung sendiri dengan perasaan yang tengah bergejolak di dalam dirinya, akibat emosi yang tengah menjejali pikiran dan hatinya.

 

Berikut ini Adalah Beberapa Fakta Tentang Rasa Cemburu

 

• Beberapa Hal yang Menyebabkan Seseorang Bisa Merasa Cemburu

Perasaan rasa tidak suka atau cemburu itu sendiri biasanya berawal dari rasa emosi, curiga, marah, takut hingga galau. Dan perasaan seperti ini bisa dialami oleh siapapun, baik itu anak kecil, anak muda, laki- laki ataupun perempuan yang sudah dewasa ataupun yang sudah tua.

Pada umumnya, orang mengaitkan rasa cemburu itu dengan kehadiran orang ketiga di dalam kehidupan yang tengah dijalani bersama pasangannya. Padahal sebenarnya rasa cemburu itu tidak mutlak soal kehadiran orang ketiga saja, sebab perasaan cemburu ini bisa muncul dan terjadi di dalam hubungan pertemanan, persaudaraan hingga masalah pekerjaan.

 

Perbedaan Cemburu dan Iri

Banyak orang menyangka bahwa cemburu itu adalah kata lain dari iri, padahal antara iri dan cemburu itu adalah dua hal yang berbeda. Rasa cemburu adalah rasa yang yang timbul dari ketakutan akan sesuatu hal yang menurut dia adalah barang miliknya dan hendak di ambil oleh orang lain, sedangkan rasa iri adalah perasaan ingin memiliki milik orang lain. Tetapi walaupun berbeda tetap dua perasaan ini sama-sama membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

 

• Rasa Remburu Bisa Muncul Akibat beberapa Hal

Memiliki atau pernah merasa cemburu adalah hal yang wajar. Sebab sebagai manusia kita memang di ciptakan Tuhan dengan di bekali perasaan dan salah satunya itu adalah rasa cemburu. Sebagai manusia, pernah merasa cemburu adalah hal yang wajar.

Perasaan cemburu pada umumnya muncul karena merasa takut kehilangan, tapi jika kita dapat mengontrolnya maka itu akan menjadi sesuatu hal yang positif. Sebagai contoh, seseorang yang awalnya tidak begitu memperdulikan pasangan hidupnya , karena melihat ternyata ada yang lebih perhatian pada pasangan hidupnya maka itu akan menjadi evaluasi dan hal itu akan berakhir positif di dalam hubungan dengan pasangannya.

 

• Apakah Kamu Sedang Merasa Cemburu? Ini Tanda-tandanya.

Seseorang menunjukan rasa cemburunya dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin ada yang diam saja ketika sedang cemburu tapi ada juga yang sangat eksprisif sehingga kadang tanpa disadari akan melukai perasaan orang lain yang di cemburui nya. Dan ini adalah beberapa tanda yang menunjukan bahwa kamu sedang cemburu.

  • Tanda-tanda seseorang sedang merasa cemburu, biasanya akan di awali dari perasaan marah ketika melihat seseorang sedang berinteraksi dengan orang yang tidak disukainya.
  • Merasa marah ketika melihat pasangan atau temannya mau menghabiskan waktu berdua dengannya
  • Merasa tidak suka dengan apa yang di dapatkan oleh orang lain untuk hal yang sama-sama di inginkan olehnya.
  • Merasa tidak nyaman yang berujung menjadi rasa tidak suka kepada orang baru yang masuk ke dalam kehidupannya
  • Merasa begitu sedih karena merasa diabaikan saat sedang memikirkan teman, saudara ataupaun pasangan hidupnya

 

 

Bahan bacaan: 1

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Apakah Kamu Sedang Merasa Cemburu???

    Kasih tau ga ya?? 😂😂😁😁

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Tidak terlihat tapi bisa di rasakan Pak. Seperti udara mungkin kali ya😂🙏 terima kasih sudah berkenan membacanya. Salam hangat☺️🙏

      Hapus
  3. Wah, aku mau cemburu ke siapa ini. Artikelnya Asik, Pak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah asyiik... Ada pak Guru☺️ terima kasih sudah berkenan membacanya☺️🙏

      Hapus
  4. wis nggak cemburuan cemburuan neh...Wis tuwek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Terima kasih sudah berkenan membacanya bu Wiwid☺️🙏

      Hapus
  5. Cemburunya belo yaa.. jangan cemburubuta.. he..he..

    BalasHapus