Header Atas - Panjang

Header Atas - Panjang

Yuk, Jadikan Hobimu Dulang Rupiah

HOBI
adalah suatu kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari dalam diri. Hobi juga merupakan kegiatan yang secara umum, membuat kita banyak menginvestasikan sesuatu kedalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan sangat senang hati. Kegiatan yang berkaitan dengan hobi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu yang luang.

Hobi juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan secara teratur, dan dikerjakan demi kesenangan diri. Hobi dapat mencakup banyak hal, seperti : mengoleksi barang benda, ikut melibatkan diri dalam kegiatan kreatif dan artistik, bermain olahraga, dan banyak lagi contoh lainnya.

Maka, jika ada yang bertanya tentang pekerjaan apa yang menyenangkan, tentu saja hobi yang dibayar atau bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, bukan? Sangat tepat dan beralasan. Soalnya kapan lagi kita bisa bersenang-senang tanpa harus membayar, malahan dibayar. 

Hobi jika ditekuni dengan serius, maka niscaya bisa berubah menjadi sumber penghasilan tetap untuk menopang biaya hidup.

Menarik, bukan? Yuk, kita cek beberapa Hobi di bawah ini bisa jadi pembawa keberuntungan. Siapa tahu salah satunya ada hobi kita.

Fotografi

Hobi yang satu ini bisa dibilang salah satu yang paling potensial menghasilkan banyak uang dalam satu proyek.

Jadi, seandainya anda punya hobi ini, yuk, jangan sekedar jepret-jepret momen menggunakan kamera HP atau kamera DSLR. Anda bisa coba mengikuti aneka lomba berhadiah di sejumlah akun media sosial atau mengirimkan foto ke website penjual stok foto.

Jika hobi fotografimu sudah tergolong profesional dan memiliki kamera DSLR, jangan ragu untuk mantapkan diri membuka jasa foto atau jadilah fotografer lepas dan jadikan lahan bebas sebagai studio fotomu. 

Untuk menambah motivasimu, saat ini tugas fotografer tidak melulu untuk memotret model, produk, dan dokumentasi acara penting. Tapi, anda juga bisa memotret kegiatan seseorang selama liburan. Seru nih, menjalani hobi foto ke sana-sini sambil ikut liburan.

Memasak

Bagi siapapun yang punya hobi memasak, bersyukurlah. Soalnya semua manusia di kolong jagat ini pastinya membutuhkan makanan. 

Tak sedikit yang mengaku kalau usaha makanan adalah yang paling menguntungkan dan cepat balik modal. Nah, agar hobi memasak ini bisa menghasilkan uang, anda hanya butuh dapur beserta isinya dan pemasaran yang tepat. 

Lihat saja di media sosial, sudah ada banyak katering online. Jangan lupa, kemasan yang menarik akan menambah nilai jual hasil hobi memasak tersebut.

Desain Grafis

Biasanya bagi yang hobi apalagi sudah mahir design grafis akan sangat dibutuhkan orang untuk kebutuhan marketing atau promosi lain.

Pilihannya tinggal datang dari diri kita pribadi. Bekerja di kantor media atau menjadi freelance designer dari rumah. Bagi yang hobi design grafis, saat ini mencari klien bukan perkara sulit. Berkat kemajuan teknologi dan hadirnya wabsite atau  jual beli jasa design yang kelasnya sudah merambah hingga level internasional.

Menjahit

Percayalah, tidak semua orang pandai menjahit menggunakan tangan ataupun mesin. Bagi yang memiliki keahlian tersebut dan hobi membuat aneka karya seperti baju atau tas, jangan ragu untuk menjual buah karya anda. Anda bisa melakukannya dari rumah kok. Untuk penjualannya, silahkan manfaatkan media sosial, marketplace, serta koneksi teman dan tetangga.

Bercocok tanam

Hobi ini biasanya jika ditekuni dengan penuh kesabaran dalam merawat tanaman bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Misalkan, menjadi supplier untuk florist, membuka kebun buah atau sayur, bahkan menjual kembali koleksi tanaman berbentuk unik seperti pohon bonsai dengan harga yang fantastis. 

Makan

Nah, untuk yang satu ini rasanya semua orang pun pasti menyukainya. Jika kita cermat, hobi makan pun bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah menjadi food blogger.

Food blogger ini tugasnya cukup menyenangkan terutama karena memanfaatkan hobi makanmu. Kamu hanya perlu icip-icip makanan dan menuliskan ulasan dari hidangan tersebut. Setelah namamu terkenal di kalangan pebisnis makanan, bersiaplah untuk diundang mencicipi menu baru dari sejumlah restoran dan mendapatkan bayaran. Sudah kenyang, jadi orang yang pertama mencicipi menu baru, dibayar pula!

Menulis

Ada beberapa cara mendapat penghasilan tambahan dari hobi menulis. Disebut penghasilan tambahan, karena cara-cara ini bisa anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan yang tidak akan menggangu profesi utama anda. Bahkan jikalau ditekuni benar-benar, pemasukan yang didapat bisa lebih besar dari pekerjaan utama. Banyak orang yang sudah membuktikan hal tersebut.

Memang banyak juga profesi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis seperti wartawan, penulis skenario, penggiat media online, dan lain-lain yang mendapat gaji bulanan dari perusahaan. 

Namun karena ini kaitannya dengan sekedar hobi, maka yang akan dibahas adalah cara mendapatkan uang sebagai penulis bebas, atau penulis lepas, yang penghasilannya bukan digaji tetap bulanan dan terikat oleh perusahaan. Melainkan dari kualitas dan kuantitas karya yang berhasil ditulis.

Buat anda yang suka merangkai kata lewat tulisan, tentunya ada beberapa peluang untuk rupiah dari kegemaran menulis. Misalkan, menerbitkan buku, mengirim Tulisan ke media lain, membuka jasa penulisan artikel dan masih banyak lagi, salah satunya menulis di blog keroyokan seperti di Kompasiana.

Demikian hobi yang jika ditekuni dan dilakoni dengan sungguh-sunghu bisa menopang biaya hidupmu dengan kegemaran pribadi.

Salam

Posting Komentar

8 Komentar