Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Menggunakan Gmail Melalui Komputer dan Handphone

Hasil tangkapan layar Gmail_Warkasa1919

Siapa yang belum tau bagaimana cara membuat dan mengirim email di jaman serba canggih seperti saat ini? Para pengguna Handphone android dan sejenisnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini, sebab pada umumnya, ketika mereka pertama kali menggunakan Handphone -nya oleh aplikasi akan diminta untuk memasukan alamat email agar bisa mengoperasikan Handphone miliknya.

Ada banyak beberapa layanan email gratis di dunia. Salah satunya adalah Gmail, Gmail adalah salah satu layanan penyedia email yang dimiliki oleh Google. Hingga saat ini Gmail masih berbentuk layanan email gratis. Dan menariknya, dari beberapa layanan Google ini jika kita telah memilik Gmail maka secara otomatis kita juga akan mempunyai akun Google. 

Dahulunya layanan Gmail hanya tersedia melalui undangan, tapi saat ini kita bisa mendaftar dan membuat akun Gmail sendiri di manapun dan kapanpun kita mau.

 

Ketika pertama kali diperkenalkan, perkembangan Gmail saat itu sangat terbatas, dimana saat itu sistem yang ada hanya mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-temannya agar bisa membuat akun Gmail. Namun sistem undangan itu secara resmi telah berakhir pada 14 Februari 2007 lalu. Dan hasilnya Gmail langsung menjadi salah satu layanan email terpopuler saat itu.


Jika di competitor layanan serupa kita akan menemukan iklan pada pesan-pesan yang kita terima, maka Gmail tidak memasang iklan pada pesan atau menambahkan sesuatu pada surat yang kita terima. Jikapun kita ada menemukan Iklan yang ada saat kita membuka Gmail menggunakan komputer kita, maka itu bukan sengaja ditempatkan oleh pihak Gmail. Tapi jika kita membuka Gmail dengan Handphone maka kita tidak akan menemukan iklan apapun disitu.

 

Dan sebelum kalian mengetahui bagaimana cara membuat dan mendaftar akun Gmail baru, ada baiknya kita simak artikel berikut ini, tentang apa saja manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menggunakan akun dari google ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan akun Gmail yang saya kutip dari beberapa sumber.

 

Pertama. Google memiliki layanan penyaringan Spam. Sebagian besar layanan email memang menawarkan semacam penyaringan, termasuk Gmail ini yang secara otomatis memiliki penyaringan spam milik google. Diketahui bahwa Gmail sendiri mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi memang sejauh ini sistem itu belum seratus persen efektif di dalam menyaring spam yang ada.

 

Kedua. Jika kita membuka dengan Dekstop maka Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga kita dapat mengetahui siapa saja kontak email kita yang telah menggunakan hangouts. Hangouts sendiri adalah sebuah aplikasi messenger yang banyak memiliki kelebihan yang antara lainnya kita dapat melakukan video call dengan banyak orang.

 

Ketiga. Kita dapat mengakses Gmail secara offline pada komputer meskipun saat itu komputer kita tidak sedang terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browser kita.

 

Berikut ini adalah cara membuat akun baru Gmail di Komputer

1.      Yang pertama kali harus kita lakukan saat hendak membuat akun baru Gmail adalah memasukkan alamat www.gmail.com pada web browser kita.

2.      Dan selanjutnya kita “Klik” create an account, hingga sebuah kotak terbuka yang akan meminta kita untuk mengisi data diri dengan lengkap. Dan pada isian setelah nama, kita akan diminta untuk memilih sebuah nama untuk username kita di akun Google yang baru.

3.      Dan jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another” pada saat kita membuat username, itu tandanya orang lain telah memakai username yang kita pilih tersebut. Tapi jangan kuatir, sebab kita masih bisa mengakalinya dengan menambah angka di username tersebut.

4.      Selanjutnya mari kita isi semua kolom yang ada dengan data-data kita yang benar.

5.      “Klik” Next Step, dan akan muncul agreement, atau kotak persyaratan,selanjutnya kita “klik” pada tulisan I Agree dan kitapun telah berhasil membuat akun Gmail baru.

 

Setelah tadi kita belajar cara membuat akun Gmail baru dengan komputer, maka sekarang kita coba membuat akun Gmail baru dengan Android atau Handphone dengan OS lainnya yang kita miliki. Dan berikut ini adalah cara membuat akun baru Gmail di dengan Android atau Handpone dengan OS

1.      Yang pertama kita cari menu setting atau pengaturan di Handphone kita, lalu cari menu account dan selanjutnya pilih add account atau tambah akun.

2.      Selanjutnya kita cari ikon google dan akan muncul pilihan sign in dan create a new account

3.      Segera Pilih create a new account lalu Isi nama depan dan nama belakang kita dan “klik” Next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin kita lalu “klik” Next dan pilih nama yang kita inginkan sebagai username akun Gmail kita.

 Lalu “klik” Next dan Jika ada tulisan That username is taken. Try another maka itu tandanya telah ada orang lain telah lebih dahulu memakai username yang kita pilih tadi. Tapi kita masih bisa mengakalinya dengan menambah angka jika kita memang masih ingin menggunakan username tadi. Setelah oke maka “klik” Next.

4.      Jika semuanya telah sesuai maka selanjutnya kita kan diminta untuk memilih password dari Gmail kita. Masukan minimal 8 karakter, usahakan dengan membuat password yang tidak mudah ditebak oleh orang-orang yang mengenal kita. Sebaiknya gunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik dan pastikan jangan sampai lupa dengan yang kita isikan di kolom atas dan bawahnya. Setelah selesai “klik” Next.

5.      Dan langkah selanjutnya sebenarnya tidak wajib kita isi, tapi jika kita ingin mengisinya silahkan “klik” Next dan jika tidak “klik” saja skip.

6.      Selanjutnya akan muncul kotak Privacy and Terms dan kita “klik” I Agree dan akan muncul konfirmasi username dan password. Silahkan “klik” Next

7.      Dan kemudian akan muncul pilihan pembayaran. Lewati saja dengan memilih No Thanks, dan selanjutnya “klik” Next

Jika semua urutannya telah kita lewati maka aplikasi akan memprosesnya dan selanjutnya kita akan mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa kita telah memiliki akun Gmail baru. 

Setelah kita memiliki akun Gmail, kita akan mudah terhubung dengan aplikasi milik google lainnya seperti youtube, google, play store dan blogger.

Setelah kita mendaftar di Gmail maka otomatis kita juga bisa bergabung dengan para penulis di Secangkir Kopi Bersama, yaitu dengan cara mengirimkan alamat Gmail yang kita miliki itu kepada pengurus SKB, agar nantinya Gmail kita bisa di daftarkan sebagai penulis di SKB. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Bahan bacaan: 1

Warkasa1919
Warkasa1919 Setiap cerita pasti ada akhirnya. Namun di dalam cerita hidupku, akhir cerita adalah awal mula kehidupanku yang baru.

10 komentar untuk "Cara Membuat dan Menggunakan Gmail Melalui Komputer dan Handphone "

Apriani1919 23 Juni 2020 08.48 Hapus Komentar
Siiiip artikel bermanfaat πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Warkasa1919 23 Juni 2020 09.26 Hapus Komentar
Hehehe terimakasih mbak DinπŸ˜‚
Budi Susilo 23 Juni 2020 09.28 Hapus Komentar
Bermanfaat
Warkasa1919 23 Juni 2020 09.57 Hapus Komentar
Hehehe terima kasih sudah berkenan mbacanya mas Budi☺️
Meduster 23 Juni 2020 10.08 Hapus Komentar
Ok siap
Dewi Leyly 23 Juni 2020 10.14 Hapus Komentar
Terimma kasih artikelnya...πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Warkasa1919 24 Juni 2020 09.07 Hapus Komentar
Hehehe..
Warkasa1919 24 Juni 2020 09.08 Hapus Komentar
Sama-sama peri..πŸ˜‚
Widz Stoops 25 Juni 2020 10.36 Hapus Komentar
Bikinin gmail dunk kak... 🀣
Warkasa1919 25 Juni 2020 12.17 Hapus Komentar
Iya tante...πŸ˜‚πŸ™πŸ™

Berlangganan via Email