Header Atas - Panjang

Header Atas - Panjang

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Berjualan Bakso, Mie Ayam

Foto: dokumen pribadi

Bakso dan mie ayam dewasa ini menjadi jajanan favorit segala kalangan. Tidak mengherankan, usaha penjualan bakso dan mie ayam merebak di berbagai daerah, dengan berbagai variasi olahan.
Sobat terarik ingin menangguk peruntungan di bisnis kuliner tersebut? Bagaimana memulai dan peralatan apa saja yang dibutuhkan?
Tidak perlu berlama-lama, berikut diuraikan prasyarat dan peralatan yang dibutuhkan untuk berbisnis bakso dan mie ayam. Cekidot!

Tempat Usaha
Tempat usaha ideal adalah yang strategis, tidak berbiaya tinggi, banyak dilewati orang atau bersinggungan dengan tempat persinggahan, seperti: terminal, komplek perdagangan, tempat wisata, persimpangan jalan. Tempat lain yang dianggap baik untuk berjualan adalah di dalam dan atau dekat dengan pemukiman.
Intinya tempat usaha yang memiliki potensi pelintas yang memadai, kendati jaman sekarang ada sarana pemesanan makanan melalui sistem daring.

Gerobak
Ciri khas umum adalah pada gerobak atau display penjualan. Dengan mudah kita bisa menemukan penjual bakso dan mie ayam. Bahan pembuatannya bisa dari berbagai jenis: kayu, pasangan batu semi permanen dan alumunium. Masing-masing mempunyai kelebihan kekurangan dan harganya variatif.

Buleng
Buleng adalah dandang perebus kuah. Untuk baso umumnya lebih kecil diameternya dibanding untuk mie ayam.
Buleng bakso dilengkapi "boss", yakni tempat berbentuk silinder untuk merebus sayur, bihun atau mie yang terpisah dari kuah bakso.
Buleng mie ayam disekat menjadi dua bagian, satu untuk kuah kaldu ayam, dan bagian kedua yang lebih besar untuk mematangkan mie.

Kompor pemanas
Umumnya bakso dan mie ayam dimasak dengan kompor bertekanan tinggi, disebut semawar, agar mie cepat matang di air bergolak dan kuah bakso selalu panas. Semawar dihubungkan menggunakan selang gas berkualitas baik dan regulator tekanan tinggi yang dipasangkan pada tabung gas.

Sendok Kuah, Konclongan dan saringan mie
Sendok kuah bakso dan mie ayam digunakan yang berkualitas tinggi agar tidak cepat berkarat. Konclongan berbentuk gelas terbuat dari pelat alumunium berlubang dan bergagang kayu. Fungsinya untuk merebus bihun, mie dan sayuran untuk bakso dalam boss. Sedangkan saringan mie dipilih yang berkualitas bagus agar mie yang sudah matang tidak gampang menyangkut di saringan. Disarankan memakai saringan buatan China, kendati harganya jauh lebih mahal dibanding produk lokal.

Tempat bumbu dan condiment
Untuk garam, penyedap, merica, bawang goreng, dll, yang diletakkan pada gerobak agar memudahkan dalam meracik bakso dan mie ayam.

Talenan dan Pisau
Digunakan untuk memotong sayuran, membelah bakso dan mengiris daging tetelan (jika ada).

Peralatan Saji dan Kebersihan
Siapkan mangkuk, gelas, sendok-garpu, sumpit, tempat sendok/garpu/sumpit, botol saus/kecap/cuka, tempat sambal, tempat tisu, tempat tusuk gigi, serbet. Untuk nampan saji sebaiknya dipilih model anti skeed tray, agar barang-barang di atasnya tidak mudah bergeser.
Lainnya, ember cuci, rak piring, sapu dll.

Meja, Kursi dan peralatan listrik (lampu, kabel dan aksesorisnya)
Barang-barang tersebut dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko penjual peralatan restoran da pasa. Peralatan lainnya dapat ditambahkan sesuai kebutuhan dan skala usaha.
Kebutuhan peralatan minimal di atas didapat dari pengalaman penulis ketika membantu dan membiayai sebuah usaha bakso dan mie ayam pada tahun 2017.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

8 Komentar