Header Atas - Panjang

Header Atas - Panjang

Festival Budaya Digelar Agar Tetap Mengenal Adat di Era Milenial

www. jogjaland.com


Hari ini 13 Maret diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat.
Menurut KBBI, masyarakat adat adalah masyarakat yang hidup di suatu wilayah berdasarkan kesamaan leluhur, diatur oleh hukum adat atau lembaga adat, dan memiliki hak atas hasil dan pengelolaan wilayah mereka.

Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam budaya dari beribu etnis.  11 etnis diantaranya memiliki populasi lebih dari satu juta jiwa, sehingga menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang punya beragam budaya di dunia.

Pemerintah mulai menganjurkan dan mengupayakan setiap daerah untuk memajukan adat dan budayanya. Melakukan berbagai kegiatan dan festival budaya sebagai langkah untuk mempersatukan masyarakat.

Bisa kita lihat saat ini macam-macam festival yang digelar di berbagai daerah di Indonesia baik di Jawa maupun di Provinsi lainnya. Selain memperkenalkan daerah masing-masing juga memberitahukan pada dunia bahwa budaya dan adat di Indonesia terlindungi, dan masih bisa jaya di era milenial ini. Hal ini untuk melestarikan masyarakat adat yang ada.

Kita masih sering melihat perayaan adat Kasodo di daerah Tengger juga Ketika suro an di Yogyakarta. Belum lagi di Banyuwangi, Ponorogo dan masih banyak lagi di daerah lain.

Harapan kita agar keberadaan mereka tetap terlindungi dan terjaga, jangan ada penindasan, dan mengucilkan menganggap mereka kampungan atau primitif. Apalagi di era milenial ini dengan segala perkembangan dan kemajuannya, adat dan budaya jangan sampai tergeser ataupun hilang.

Masyarakat adat yang ada di Indonesia dilindungi oleh Undang-Undang seperti yang tertera pada Pasal 32 ayat 1 dan 2 UUD 1945, menyebutkan bahwa negara memajukan kebudayaan dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya serta memelihara bahasa daerah sebagai budaya nasional.

Jadi masyarakat adat yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus benar-benar diakui keberadaannya dan dilindilungi. Boleh meniru adat dan budaya negara lain tapi jangan sampai tidak tahu sama sekali adat dan budaya daerah sendiri.


Selamat Hari Masyarakat Adat


 Beranda,  13 Maret 2020
swarnahati

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Selamat Hari Masyarakat Adat..

    BalasHapus
  2. Adat yang hidup di negara kita jangan sampai punah.
    Selamat hari masyarakat adat

    BalasHapus
  3. Wah! Ini bagus! πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  4. Wah! Ini keren! πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  5. πŸ™„ orangnya lagi kemana ya?πŸ˜‚ Siap posting tulisan kayaknya gak ada balik- balik lagi nih ke tempat iniπŸ˜…

    BalasHapus