Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Taman Bunga Indah di Indonesia (Yang Selalu Membuatku Berseri-Seri)

(Taman Bunga Begonia, dokumen pribadi)

Saya seorang penggemar bunga sejak kecil. Perjalanan hidup saya, mengantarkan ke tempat-tempat yang tak pernah saya sangka, yaitu aneka taman bunga di Indonesia. Mengapa demikian? Saya tidak pernah memperkirakan kesempatan-kesempatan yang berdatangan dengan tak terduga. Buat saya, ini adalah berkat dari Yang Maha Kuasa.

Ini dia beberapa taman bunga yang pernah saya kunjungi, saya reklmendasikan bagi Anda. Kunjungi nanti saat kita sudah boleh berwisata lagi ya. Saat pemerintah mengatakan sudah aman dari virus covid-19. Saat ini masih belum disarankan berwisata. Tapi saya ingin membagikan kisah saya di beberapa taman bunga.
1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara menjadi taman penuh bunga yang terakhir saya kunjungi. Tepatnya hari Sabtu, 30 Maret 2019. Saya tak pernah mengira, mendapat kesempatan menarik ikut acara kebersamaan guru-guru. Bersama banyak guru dari berbagai sekolah, saya bisa menikmati keindahan Taman Bunga Nusantara di daerah Puncak, Bogor.

Beberapa tahun lalu, ada teman yang menunjukan foto-foto keindahan Taman Bunga Nusantara. Dalam hati, pun saya tak pernah berpikir bisa sampai ke sana. Namun pada akhirnya, kesempatan itu datang pada saya. Itulah berkat dari Tuhan.

Di taman inilah saya mendapati aneka bunga bermekaran indah. Mawar, celosia, anggrek, marigold, aster, begonia dan masih banyak aneka bunga lainnya. 

2. Asmara Garden
(Asmara Garden di Klampok, Jawa Tengah)

Kunjungan yang sangat singkat ke rumah kakak di Klampok, Banjarnegara Jawa Tengah, saya mendapat kesempatan indah menikmati bunga-bunga di Asmara Garden. Di taman bunga ini ada aneka jenis bunga. Mulai dari bunga matahari, celosia, dan marigolds. Selain itu aneka serangga cantik seperti kupu-kupu, belalang dan lebah pun ilut berkunjung di sini.

3. Kebun Bunga Begonia
(Kebun Bunga Begonia, dokumen pribadi)

Begonia adalah nama tanaman hias berbunga cantik. Saya banyak menemui warna merah dan pink. Di kebun Begonia ini, ada banyak tanaman bunga lain. Jadi tidak hanya bunga begonia saja yang menghiasi. 

4. Farm House
(Farm House, Lembang, Bandung)

Farm House, dapat kita temukan banyak pemandangan indah. Selain aneka bunga kesukaan saya, ada juga hewan-hewan yang khas dipelihara di perternakan kecil. Bahkan saya dapat free satu botol susu segar saat selesai berkeliling menikmati keindahan Farm House. 

Rumah Anggrek juga ada di sana. Hanya memotretnya di kejauhan. Aneka jenis bunga krisan dan juga dahlia. 

5. Kebun Bunga Matahari di Jogjakarta

Waktu mengunjungi keluarga kakek saya di Jogja, saya diajak berwisata ke kebun bunga Matahari. Letaknya tidak terlalu jauh dari pesisir pantai. Di sepanjang tepian jalan ada banyak sekali dibuka taman bunga matahari. Meskipun demikian, keindahan bunga matahari bukan satu-satunya yang semarak di sana. Ada bunga-bunga lain seperti cockscomb, zinia dan lain-lain.

Menariknya, saya dapat beli biji bunga matahari. Lalu saya bagikan juga ke murid-murid saya dalam pelajaran IPA tentang pertumbuhan tanaman. Salah satu murid saya berhasil merawatnya sampai berbunga. Sebagai guru rasanya senang sekali ketika walimurid mengirimi saya foto bunga matahari yang mekar hasil ketelatenan murid saya merawatnya di rumah.

Untuk sementara saya bagikan 5 kisah tentang taman bunga saja. Lain waktu akan saya lanjutkan kisah lain di taman bunga. 

Taman-taman bunga ini memberikan saya suasana hati yang berseri-seri. Bunga memberikan kebahagian dan banyak inspirasi. Aneka puisi saya juga banyak terinspirasi oleh keindahan bunga-bunga.

Selain itu, beberapa cerpen saya juga terangkai inspirasinya dari bunga-bunga ini. Yang terpenting, bunga-bunga ini selalu mengingatkan saya pada almarhum Bapak saya. Beliau pencinta tanaman sejati. Bunga-bunga indah saya kenal.sejak kecil karena Bapak saya yang mengenalkannya. Meski Beliau sudah berpulang pada Penciptanya, namun kenangan indah bersama Beliau selamanya terkenang.

..
Written by Ari Budiyanti
19 Maret 2020

Ari Budiyanti
Ari Budiyanti life is grace

3 komentar untuk "Aneka Taman Bunga Indah di Indonesia (Yang Selalu Membuatku Berseri-Seri)"

Budi Susilo 19 Maret 2020 17.51 Hapus Komentar
Taman bunga Nusantara, saya malah belum pernah nyampe. Padahal saya tinggal di Bogor.

Bagus-bagus foto-fotonya
Apriani1919 19 Maret 2020 19.38 Hapus Komentar
Saya suka memandang keindahan bunga tapi untuk mengurus saya kurang telaten hehehe
Warkasa1919 20 Maret 2020 15.21 Hapus Komentar
Keren artikelnya mbak,☺️👍

Berlangganan via Email